SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (2)

 SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea

BIBLIOTIKA - Gee menjadi sebuah hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bank untuk lagu yang paling lama berada di puncak, yakni selama sembilan minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. SM Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisis penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan.

Lagu ini juga menunjukkan dominasinya di tangga lagu lainnya, memuncaki tangga lagu Mujikon, MelOn, dan Mnet, selama delapan minggu berturut-turut, di Dosirak selama tujuh minggu, di Muse selama enam minggu, dan di Baksu selama empat minggu. Karena prestasi menakjubkan itu, Gee mendapat gelar “song of the decade” dari situs musik Korea, MelOn.

Setelah rehat sejenak, SM Entertainment mengumumkan bahwa SNSD akan kembali dengan album mini baru yang menampilkan konsep “Marine Girl”. Single baru mereka diberi judul Tell Me Your Wish (Genie), dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009. Sementara perilisan album dalam bentuk fisik pada 29 Juni 2009. Kegiatan promosi untuk album tersebut dimulai di KBS Music Bank, disusul dengan penampilan di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo.

Kesuksesan lagu Genie terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya MelOn, Dosirak, Mnet, dan Bugs. Penjualan album pada minggu pertama mencapai angka 50.000 kopi (hampir dua kali angka penjualan minggu pertama Gee). Itu merupakan pencapaian yang tidak biasa untuk sebuah girlband Korea. Sepanjang 2010, album itu sudah terjual lebih dari 200.000 kopi. SNSD mengakhiri promosi untuk Genie pada 15 Agustus 2009.

Pada November 2009, SM Entertainment mengumumkan tour konser pertama SNSD, bertajuk “Into the New World”. Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November, dan terjual habis hanya dalam waktu tiga menit. Tour dimulai di Olympic Park Fencing Stadium, pada 19 dan 20 Desember, lalu berlanjut ke kota-kota lain di Asia, termasuk Shanghai.

Pada 28 Januari 2010, SNSD merilis album kedua, bertitel Oh!. Single utama album tersebut, yang juga berjudul Oh!, dirilis secara digital pada 25 Januari 2010, disusul dengan video klip yang dirilis dua hari setelahnya. Pada 30 Januari 2010, SNSD mulai promosi di MBC Show! Music Core. Seperti pada single dan album lain, album Oh! juga menempati peringkat pertama di berbagai tangga lagu, serta mencapai triple crown pada SBS Inkigayo, dan meraih berbagai penghargaan.

Di YouTube, video musik untuk lagu Oh! menempati peringkat pertama sebagai video yang paling banyak ditonton di Korea pada akhir 2010, juga menjadi sepuluh besar video yang paling banyak ditonton di Jepang serta di Taiwan.

Pada 11 Maret 2010, foto-foto anggota SNSD dirilis secara online, menampilkan konsep gelap, dan disebut “Black SoShi”. Pada 16 Maret 2010, sebuah video teaser dirilis, dengan single baru bertitel Run Devil Run, yang dirilis sebagai single digital pada 17 Maret.

Pada Mei 2010, SNSD menandatangani kontrak kerjasama di bawah label rekaman Jepang, Universal Music Japan, untuk promosi mereka di Jepang. Pada Agustus 2010, SNSD mulai aktif di Jepang, mempromosikan video DVD bertajuk Girls’ Generation’s Arrival ~ First Time in Japan Commemoration Disc. DVD yang dirilis pada 11 Agustus tersebut menampilkan tujuh video musik SNSD serta rekaman bonus.

Baca lanjutannya: SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (3)