SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (1)

SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea

BIBLIOTIKA - SNSD atau Girls’ Generation memiliki popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan, hingga dijuluki “The Nation’s Singers” dan “The Nation’s Girl Group”. Sisa Journal, media massa berpengaruh di Korea, bahkan menyebut SNSD sebagai entertainer paling berpengaruh pada 2011 dan 2012, yang menjadikan mereka sebagai group wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut.

Pada 2011, majalah Asia Today menempatkan SNSD di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders, sementara majalah Forbes menyatakan SNSD sebagai “most powerful entertainers” di Korea Selatan untuk tahun 2011. Berikut ini adalah rangkuman tonggak-tonggak penting dalam perjalanan karir SNSD atau Girls’ Generation.

Pada Juli 2007, SNSD melakukan penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, tempat mereka membawakan single pertama berjudul Into the New World. Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini, bertajuk “Girls’ Generation Goes to School”, juga direkam pada saat itu, menampilkan para anggota saat pindah ke sebuah apartemen bersama-sama, dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas panggung. Tidak lama setelah itu, mereka merilis single Into the New World serta dua lagu lainnya, Beginning dan Perfect for You.

Pada 5 Agustus 2007, SNSD memulai debut resmi dengan tampil di SBS Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. Seiring dengan itu, single Into the New World meraih posisi no. 1 di M! Countdown.

Pada akhir musim gugur 2007, SNSD merilis album pertama mereka dengan single utama berjudul Girls’ Generation, yang merupakan daur ulang lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk single ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat single mereka, Into the New World, Perfect For You (dengan judul Honey), serta delapan lagu lain, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 kopi.

Pada awal 2008, SNSD mulai mempromosikan single kedua dari album pertama mereka, Kissing You, yang mengantarkan mereka memenangkan piala K-chart pertama setelah berhasil menempati posisi teratas di Music Bank. Lagu Kissing You juga meraih rangking pertama di Inkigayo dan M! Countdown.

Pada Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang dengan judul baru, Baby Baby. Kemudian, pada 15 Maret 2008, SNSD merilis teaser untuk single Baby Baby, dan dirilis di situs musik digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan lagu Baby Baby di berbagai acara musik seperti Music Core, Inkigayo, dan M! Countdown, pada bulan Maret dan April. Promosi untuk album itu berakhir pada 13 April 2008 di Inkigayo.

Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota SNSD mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul. Tidak lama kemudian, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster tersebut merupakan poster teaser, dan SNSD akan segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada Januari 2009.

Pada Januari 2009, sebuah video teaser dirilis, dan tak lama setelah itu single terbaru SNSD dengan titel Gee pun diperkenalkan. Hanya dalam waktu dua hari, lagu itu segera meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital. SNSD memulai aktivitas promosi pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core, tempat mereka menyanyikan Gee dan Himnae (Way to Go). Seminggu setelah perilisan, Gee memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo.

Baca lanjutannya: SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (2)