Shiv Nadar, Penguasa Bisnis Teknologi dari India

Shiv Nadar, Penguasa Bisnis Teknologi dari India

BIBLIOTIKA - Shiv Nadar adalah pendiri dan pemimpin HCL (Hindustan Computers Limited), sebuah perusahaan teknologi yang membawahi berbagai perusahaan lain di banyak bidang. Dia lahir pada 14 Juli 1945 di sebuah desa bernama Moolaipozhi, sekitar 10 kilometer dari Tiruchendur di distrik Thoothukudi, Tamil Nadu, India. Shiv Nadar adalah saudara Ramanichandran, novelis Tamil yang terkenal.

Berbeda dengan saudaranya yang memilih jalan hidup sebagai novelis, Shiv Nadar memilih bisnis sebagai jalan hidup. Setelah mendapat gelar sarjana dari PSG College of Technology, dia memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan Cooper Engineering. Tidak lama dia bekerja di sana, karena kemudian memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri bersama rekan-rekannya.

Pada 1970, Shiv Nadar membangun usaha awal yang dinamai Microcomp, yang fokus pada penjualan kalkulator digital di pasar India. Usaha itu berkembang, dan makin membesar. Enam tahun kemudian, pada 1976, Shiv Nadar mendirikan perusahaan lain bernama HCL (Hindustan Computers Limited), yang bergerak di bidang teknologi. Pada 1980, HCL bergabung dengan pasar internasional dalam pembukaan Far East Computers di Singapura. Sejak itu, HCL mulai memiliki pasar, bahkan mendirikan cabang di Singapura.

HCL fokus pada bidang teknologi. Namun ternyata bidang itu menjangkau berbagai hal, mulai dari teknologi komputer, teknologi penerbangan, teknologi otomotif, teknologi manufaktur, teknologi media, sampai teknologi dalam bidang keuangan. Layanan HCL mencakup konsultasi teknologi, dan penyediaan peranti-peranti teknologi yang dibutuhkan di berbagai bidang kliennya.

Karena luasnya cakupan bisnis yang dikelola, dan makin besarnya pertumbuhan perusahaan, HCL pun kini memiliki 79.000 tenaga profesional dari berbagai negara, dan memiliki kantor di 31 negara. HCL juga memiliki kerjasama dengan sekitar 1.000 perusahaan terkemuka, termasuk perusahaan-perusahaan raksasa dalam bidang teknologi informasi. HCL cabang Amerika memberikan kontribusi 55,9 persen pendapatan, dengan lebih dari 3.000 karyawan yang tersebar di 21 kantor.

Sebagai pengusaha di bidang teknologi, Shiv Nadar memang dinilai lebih unggul dari umumnya pengusaha lain yang bergerak di bidang sama. Jika umumnya pengusaha lain hanya menjual barang, Shiv Nadar menjual barang sekaligus edukasi atau konsultasi sehubungan dengan barang tersebut. Karenanya, banyak pihak menganggap Shiv Nadar bukan hanya pengusaha, tapi juga pengajar.

Kenyataan itu dikukuhkan pada 1996, ketika Shiv Nadar mendirikan sekolah (akademi) yang khusus mempelajari teknologi, bernama SSN College of Engineering di Chennai, Tamil Nadu. HCL menyumbangkan dana 1 juta rupee ke institusi pendidikan tersebut, sebagai bentuk komitmen terhadap kemajuan teknologi di India. Sepuluh tahun kemudian, pada 2006, Shiv Nadar mengumumkan bahwa sekolah yang didirikannya akan menyalurkan para pelajarnya untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Kemudian, pada Maret 2008, yayasan pendidikan Shiv Nadar juga mendirikan dua sekolah gratis di daerah terpencil bagi 200 siswa dari 50 distrik Uttar Pradesh.

Karena memiliki peran besar dalam bidang pendidikan, Shiv Nadar pun ditunjuk untuk duduk dalam Dewan Eksekutif Indian School of Business. Dia juga menjabat sebagai ketua IIT Kharagpur, institute teknologi terkemuka di India. Kemudian, pada 2008, Shiv Nadar dianugerahi Padma Bhushan atas upayanya di industri TI.