Rumus Menentukan Ukuran Bra

 Rumus Menentukan Ukuran Bra

BIBLIOTIKA - Fungsi utama bra adalah untuk menyangga atau menopang payudara. Karenanya, hal paling penting dalam memilih bra bukan model atau warnanya, melainkan ketepatannya dalam menyangga payudara, dengan memperhatikan ukurannya.

Jika Anda mengenakan bra yang tidak tepat atau salah ukuran, maka payudara tidak tertopang dengan baik. Jika bra sebagai penopang tersebut tidak tepat, maka tulang belakang Anda akan bertambah beban. Dalam jangka panjang, jika Anda membiarkan payudara tidak tertopang dengan baik, berbagai masalah tulang belakang bisa terjadi, selain juga masalah penampilan payudara.

Ukuran bra dibagi dua, yaitu lingkar bawah payudara dan cup. Untuk dapat menentukan lingkar bawah payudara Anda, lakukan pengukuran di bagian atas tulang iga, tepat di bagian bawah payudara Anda. Perhatikan rumus berikut ini, dan cocokkan hasilnya:
  1. Lingkar bawah payudara 63-67 centimeter, ukuran Anda 30 atau 65.
  2. Lingkar bawah payudara 68-72 centimeter, ukuran Anda 32 atau 70.
  3. Lingkar bawah payudara 73-77 centimeter, ukuran Anda 34 atau 75.
  4. Lingkar bawah payudara 78-82 centimeter, ukuran Anda 36 atau 80.
  5. Lingkar bawah payudara 83-87 centimeter, ukuran Anda 38 atau 85.
  6. Lingkar bawah payudara 88-92 centimeter, ukuran Anda 40 atau 90.

Sedangkan untuk mengetahui ukuran cup bra Anda, letakkan pita pengukur di bagian paling depan payudara Anda, di bagian puting. Pastikan Anda mengukurnya dengan keadaan paling nyaman (bukan saat Anda mengenakan pakaian ketat). Catat hasilnya, lalu perhatikan rumus ini: Ukuran lingkar atas payudara dikurangi ukuran lingkar bawah payudara, hasilnya ditambah 2 centimeter. Berikut ini panduannya:
  1. Cup A jika selisih 10-12 centimeter.
  2. Cup B jika selisih 13-14 centimeter.
  3. Cup C jika selisih 15-17 centimeter.
  4. Cup D jika selisih 18-19 centimeter.
  5. Cup E jika selisih 20-22 centimeter.

Ukuran tersebut bisa menjadi panduan bagi Anda ketika memilih bra. Meski begitu, sebaiknya selalu mencoba model bra yang akan Anda beli. Model dan merek bra kadang memiliki standar ukuran berbeda. Karenanya, pastikan Anda memilih bra yang tepat dan nyaman, serta dapat menyangga payudara dengan benar.