Risiko Akibat Salah Memakai Bra

Risiko Akibat Salah Memakai Bra

BIBLIOTIKA - Mungkin tidak terbayang oleh kebanyakan orang, bahwa pemakaian bra yang salah bisa menyebabkan aneka masalah. Tidak hanya masalah pada payudara, tapi juga pada bagian tubuh lain.

Payudara wanita terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar yang tidak memiliki tulang, dan payudara ditopang oleh tulang belakang. Jika Anda tidak mengenakan bra yang tepat, maka beban tulang belakang Anda akan bertambah berat. Tubuh pun jadi membungkuk, dan postur jadi tidak proporsional.

Dalam jangka pendek, pemakaian bra yang tidak tepat hanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, dalam jangka panjang, masalahnya akan semakin bertambah. Dalam 1-2 tahun memang dampaknya belum terlalu terasa.

Namun, setelah 5-6 tahun ke depan, mulai terasa. Seperti postur tubuh yang tidak lagi proporsional, karena kelengkungan tulang belakang yang tidak normal. Karena bra yang digunakan untuk menopang payudara tidak tepat, maka tubuh pun membungkuk, akibat beratnya beban yang ditopang tulang belakang.

Tulang belakang tubuh sebenarnya tidak hanya menopang payudara, karena tulang belakang menopang seluruh tubuh. Jika bra yang dikenakan benar-benar tepat, maka bra tersebut akan membantu menopang payudara, sehingga tulang belakang tidak terlalu terbebani. Namun, jika bra yang dikenakan tidak tepat, sehingga tidak mampu menopang payudara dengan baik, beban tulang belakang akan bertambah. Apalagi untuk wanita yang berbadan besar atau berpayudara besar. Semakin besar payudara, semakin besar pula beban tulang belakang.

Jika pemakaian bra yang tidak tepat dibiarkan terus menerus, risiko yang semula bisa dibilang ringan akan menjadi berat. Karena payudara tidak ditopang dengan baik, dalam jangka panjang akan terjadi gangguan otot leher belakang, leher bawah, dan pinggang atas. Risiko itu muncul akibat perubahan lengkungan pada tulang belakang sebagai penopang payudara. Jika kelengkungan tidak normal, tubuh membungkuk, saraf yang ada di antara tulang belakang bisa terjepit karena lubang saraf mengecil akibat tulang belakang yang melengkung.

Karena itu, wanita yang mengenakan bra secara tidak tepat bisa jadi akan sering merasakan sakit kepala, kesemutan di tangan, nyeri di tangan dan punggung, atau bahkan sering kali merasa seperti masuk angin yang terjadi berulang kali. Jika semua gejala itu juga dibarengi postur yang semakin membungkuk dan kelengkungan tulang belakang yang tak normal, bisa jadi penyebabnya karena memakai ukuran bra yang salah.

Untuk menghindari dampak jangka panjang akibat pemakaian bra yang tidak tepat, Anda bisa mulai mengenali gejala awal. Rasa pegal yang terus berulang, sakit di bagian belakang tubuh yang tak juga membaik meski Anda sudah memijatnya, merupakan pertanda awal. Jika keluhan seperti itu terus berulang, bisa jadi ada yang salah dengan tulang belakang bahkan saraf, bukan sekadar otot yang kaku.

Karenanya, memilih dan mengenakan bra yang tepat tidak hanya akan mempercantik penampilan, atau menjaga postur tubuh tetap proporsional, namun juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain bra yang tidak tepat, hal lain yang juga menimbukan masalah pada tulang belakang adalah kebiasaan tidak memakai bra di rumah. Sebenarnya, tidak memakai bra di rumah tidak terlalu bermasalah, jika aktivitas yang dikerjakan hanya hal-hal ringan. Namun, jika aktivitas di rumah tergolong tinggi—misalnya melakukan pekerjaan rumah tangga—tidak memakai bra bisa menimbulkan masalah.

Karena itu, meski di rumah, wanita disarankan untuk tetap mengenakan bra, khususnya jika aktivitas yang dikerjakan relatif tinggi atau berat. Bagaimana pun, payudara membutuhkan penopang yang baik dan tepat, tidak hanya di luar rumah namun juga di dalam rumah.