Resep Tradisional untuk Mengatasi Batuk dan Sesak Napas

 Resep Tradisional untuk Mengatasi Batuk

BIBLIOTIKA - Musim peralihan dari musim hujan ke musim panas atau kemarau biasanya menjadikan penyakit batuk mudah menyerang siapa saja. Tak peduli balita, anak-anak, hingga orang dewasa.

Jika dalam keluarga Anda juga ada yang menderita penyakit batuk-batuk yang berkepanjangan, Anda bisa memakai ramuan berikut ini untuk meredakannya.

Ambillah kencur beberapa rimpang dan bawang merah, lalu diparut. Beri sedikit air, lalu peras untuk diambil airnya. Kemudian minumkan pada yang menderita batuk. Lakukan hal ini hingga batuk benar-benar sembuh.

Obat batuk murah dan mujarab

Bagi penderita batuk yang akut, mungkin salah satu cara pengobatan alternatif berikut ini bisa digunakan untuk meredakannya.

Sediakan saja satu sendok teh air kapur, kemudian ambil cabe keriting, diulek hingga halus. Setelah itu diperas dan diambil airnya. Minumlah tiap pagi dan saat mau tidur. Bila rutin mengerjakannya, penyakit batuk Anda pun akan segera reda dan tersembuhkan.

Belimbing wuluh untuk batuk

Bila anak Anda terserang batuk, Anda tak perlu panik karena Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mnyembuhkannya.

Caranya; ambil buah belimbing wuluh beserta bunganya, kemudian cuci sampai bersih, dan setelah itu dimakan. Lakukan hal ini setiap hari selama seminggu saja, maka batuk-batuk pun akan segera sembuh.

Asam jawa untuk batuk berisik

Merasa terganggu karena penyakit batuk yang cukup parah? Batuk bukan hanya mengganggu penderitanya, namun terkadang juga mengganggu orang-orang lain di sekitar penderita. Untuk mengatasinya, gunakan saja asam Jawa.

Untuk mengobati batuk kering, ambillah 3 potong buah asam Jawa dan segenggam daun saga.

Kedua bahan tersebut direbus dengan air sampai mendidih, hingga tinggal 1 gelas dan kemudian disaring.

Cara menggunakannya; diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Kalau resep ini dijalankan dengan teratur, batuk yang mengganggu itu pun akan segera berlalu.

Hati kelelawar untuk sesak napas

Bila dalam keluarga Anda ada yang menderita penyakit sesak napas, tak perlu buru-buru cemas. Sebab ada obat alami yang berkhasiat untuk Anda tanpa harus banyak mengeluarkan uang.

Caranya; carilah kelelawar sebanyak 5 ekor, ambil hatinya, lalu cuci hingga bersih. Kemudian hati kelelawar itu digoreng. Makanlah sebagai lauk-pauk. Lakukan pengobatan ini paling tidak seminggu tiga kali. Niscaya penyakit sesak napas Anda berangsur-angsur jadi hilang.

Cara pengobatan ini juga berlaku untuk penderita penyakit asma.