Resep Tradisional untuk Mengatasi Aneka Masalah Kulit

 Resep Tradisional untuk Mengatasi Aneka Masalah Kulit

BIBLIOTIKA - Bisul adalah penyakit yang sangat menjengkelkan, karena kadang-kadang tumbuh di sembarang tempat di tubuh kita. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah.

Caranya, ambil satu ruas kunyit dan lima lembar daun ubi jalar yang masih muda. Tumbuklah hingga halus kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada bagian yang bisulan. Lakukan berulangkali hingga bisul itu tidak kumat lagi. Semoga lekas sembuh.

Pepaya untuk menghilangkan kutil 

Seringkali terjadi tubuh kita tumbuh daging menonjol di permukaan kulit atau yang biasanya disebut sebagai kutil. Tentunya hal ini akan membuat kita menjadi malu dan kurang percaya diri karena daging yang kelihatan mengganggu ini.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa melakukan tips berikut ini: Ambillah getah pepaya, lalu oleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi kutil tersebut. Lakukan hingga beberapa kali, niscaya kutil yang tumbuh itu akan tanggal (terlepas) dengan sendirinya.

Busa kayu untuk menghilangkan kutil 

Jika salah satu bagian tubuh Anda ditumbuhi kutil, Anda bisa menghilangkannya dengan cukup mudah.

Ambil saja dahan kayu dari pohon yang masih bertumbuh (berdaun), kemudian salah satu ujung dahan tersebut dibakar sampai ujung dahan di bagian lain (yang tidak ikut terbakar) muncul buih atau busa. Nah, buih atau busa inilah yang dioleskan pada kutil di bagian tubuh Anda itu. Lakukan hal ini setiap hari selama satu minggu, niscaya kutil tersebut akan lepas.

Menghilangkan mata ikan

Mata ikan, atau yang dalam bahasa daerah tertentu disebut cuplak, memang sering mengganggu kenyamanan dan mengurangi rasa pede. Apalagi kalau ‘penyakit’ itu tumbuh di jari tangan, kulit tangan pun jadi kasar dan keras.

Jika Anda merasa terganggu dengan cuplak atau mata ikan yang terdapat di bagian tubuh Anda, perhatikan tips berikut ini.

Sebelum tidur, oleskan sabun deterjen di permukaan cuplak atau mata ikan tersebut. Biar nantinya tidak tergesek selimut, tutupilah dengan plester atau kain sementara. Lakukan cara ini berkali-kali, secara rutin setiap menjelang tidur. Asal Anda rajin, cuplak itu bakal mati dengan sendirinya dan jadi mudah diambil sampai ke akar-akarnya. Dan Anda pun tak akan terganggu lagi.

Obat mujarab untuk eksim

Salah satu penyakit kulit lain yang biasa menghinggapi adalah eksim. Apabila Anda terkena penyakit kulit yang satu ini, segera saja atasi dengan resep berikut ini.

Ambillah 1 buah ragi (yang biasa digunakan untuk membuat tapai) dan 1 siung bawang putih. Siapkan juga spiritus sebanyak 1 sendok makan.

Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu, lalu oleskan pada kulit yang terkena penyakit eksim, setelah terlebih dulu dibersihkan. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari, maka penyakit eksim pun akan segera sembuh.

Mengeringkan bekas jahitan operasi

Ibu-ibu yang mendapat jahitan karena melahirkan tentu sering merasa kesal karena di bekas jahitan itu sering terasa perih kalau terkena air atau gatal karena terkena keringat. Agar keluhan tersebut cepat berakhir, lakukan saja pengobatan berikut.

Ambillah sepotong jahe, cuci sampai bersih, kemudian diparut. Campurkan parutan jahe itu dengan setengah sendok garam teh dapur. Aduklah sampai rata, lalu tempelkan pada bekas jahitan dan biarkan selama satu jam hingga dua jam. Rasanya memang perih dan panas, tapi dalam waktu tiga hari, jahitan tersebut akan segera menjadi kering, dan Anda tak akan tersiksa lagi.