Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Maag

Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Maag

BIBLIOTIKA - Anda mengidap penyakit maag dan tak juga sembuh? Tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan labu siam (waluh kuning) untuk menyembuhkannya.

Caranya; ambil labu siam, jangan dipotong atau dikupas. Rebuslah labu siam tadi setelah Anda cuci sampai bersih. Usahakan jangan ada kulit labu yang tergores, karena kandungan getahnya yang sangat dibutuhkan.

Upayakan agar rebusan itu hanya setengah matang. Setelah itu angkat, kemudian dipotong, dan Anda bisa langsung memakannya. (Lebih bagus saat labu itu masih dalam keadaan hangat).

Jika cara ini Anda lakukan selama tiga minggu, Anda bisa membuktikan rebusan labu siam tadi akan membuat sakit maag Anda tidak berani mengganggu lagi.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mencoba cara kedua. Masih sama menggunakan buah labu.

Caranya; ambillah buah labu yang sudah tua, dikupas, lalu dipotong-potong. Bersihkan dengan air panas, kemudian ditanak bersama nasi, tapi letakkan pada bagian paling atas.

Supaya terasa gurih, berilah sedikit garam. Jika nasi sudah matang, labu itu ikut diangkat. Makanlah selagi masih hangat.

Agar terhindar dari maag

Kalau sudah terlanjur asyik dengan aktivitas, atau bahkan kalau sedang mengejar deadline tugas, orang bisa lupa makan.

Sebaiknya, lupa makan itu sebisa mungkin harus dihindari, karena kebiasaan makan tidak teratur bisa mengakibatkan kita jadi sakit maag. Dan meski terkesan ringan, maag bukan penyakit sembarangan. Banyak penyakit berbahaya timbul yang dipicu karena adanya sakit maag.

Selain itu, kebiasaan menelantarkan perut bisa menyebabkan pusing. Pembuluh darah akan jadi melebar, begitu kadar gula darah menurun. Jadi, kalau sudah waktunya makan, jangan ditunda lagi.

Kunyit untuk maag kronis

Penyakit maag yang telah kronis ternyata masih bisa diobati dengan resep sederhana, cukup dengan kunyit dan kuning telur ayam kampung.

Caranya; satu rimpang kunyit dicuci dan diparut, kemudian diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas. Saringlah untuk diambil airnya. Kemudian, masukkan satu kuning telur dan dua sendok madu asli ke dalam air perasan kunyit tadi. Aduk hingga rata.

Ramuan ini diminum selagi hangat setiap pagi dan sore. Setelah dua minggu minum secara rutin, penyakit maag yang kronis pun akan sembuh. Jika gejala terasa lagi, ulangi kembali cara ini.