Resep Tradisional Mengatasi Jerawat dan Panu

Resep Tradisional Mengatasi Jerawat dan Panu

BIBLIOTIKA - Jerawat biasa menjadi masalah umum wanita dan juga pria yang relatif masih muda. Tapi biasanya wanitalah yang lebih repot dengan problem jerawat ini dibanding pria. Mungkin karena kaum wanita menganggap kehalusan kulit muka yang tanpa jerawat menjadi bagian dari penampilan yang tak bisa dipisahkan.

Nah, untuk Anda yang ingin menghilangkan jerawat dari wajah, silakan ikuti resep praktis berikut ini.

Ambillah segenggam daun kelor yang telah dipetik dari tangkainya, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, usapkanlah daun tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Sebaiknya lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur. Apabila Anda rutin menjalankannya, dalam waktu yang tak berapa lama, jerawat di wajah Anda pun akan lenyap.

Tomat untuk obat jerawat

Sebenarnya, buah tomat tidak hanya buat kesehatan tubuh saja. Buah ini juga bisa dibikin untuk obat jerawat. Kalau tertarik ingin mencoba, silakan simak tips yang berikut ini.

Ambillah satu buah tomat, lalu cucilah sampai bersih, kemudian belah jadi dua. Setelah itu, gosokkan belahan tomat itu ke bagian yang berjerawat. Perlu diingat, sebelum diolesi tomat, wajah harus dalam keadaan bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan secara teratur menjelang tidur. Setelah kering, baru dibasuh dengan air hangat.

Gel yang ada di dalam buah tomat punya potensi besar untuk bahan dasar kosmetik. Salah satunya ya untuk obat jerawat tadi.

Bunga pepaya untuk jerawat

Wajah berjerawat membuat orang tidak pede. Tapi jangan khawatir. Dengan ramuan yang sederhana dan murah, Anda akan terbebas dari jerawat.

Caranya, sediakan seratus gram bunga pepaya, lumatkan sampai halus, lalu tambahkan minyak zaitun secukupnya. Campur sampai rata, lalu oleskan ke wajah yang berjerawat. Ulangi beberapa kali sampai jerawat hilang. Ramuan ini juga dapat menghilangkan flek-flek hitam di wajah. Coba saja.

Daun sirih untuk jerawat

Selain resep-resep di atas, jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih. Caranya mudah.

Ambillah beberapa lembar daun sirih, lumat-lumatkan, lalu tempelkan ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini secara rutin atau berulang-ulang saat akan tidur pada malam hari. Insya Allah jerawat pun segera hilang dari wajah.

Param untuk menghilangkan panu

Merasa terganggu karena kulit ditumbuhi panu? Jangan khawatir, cobalah resep berikut untuk menghilangkan panu dari kulit Anda.

Ambillah 1 rimpang lengkuas (laos) dan bubuk belerang (sulfur) secukupnya. Lengkuas mengandung minyak atsiri seperti galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate, sedang bubuk belerang berkhasiat mematikan jamur.

Cara memakainya; lengkuas dicuci bersih lalu dibelah. Setelah itu, bersihkan kulit yang terdapat panu, dan bubuhkanlah bubuk belerang pada panu tersebut. Lalu gosokkan lengkuas pada bubuk tersebut. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai panu jadi hilang.