Resep Tradisional Mengatasi Jamur Kulit dan Gata-gatal

Resep Tradisional Mengatasi Jamur Kulit dan Gata-gatal

BIBLIOTIKA - Kulit belang karena jamur biasanya penuh bercak-bercak putih, dan hal itu biasanya disebut jamur kulit. Penyakit ini jika dibiarkan akan menjalar ke seluruh tubuh yang membuat Anda tentunya menjadi rendah diri dan penampilan Anda pun menjadi tak menarik lagi. Untuk itu, segera berantaslah dengan resep berikut ini.

Ambilah sepotong lengkuas, potong tengahnya, lalu beri garam. Kemudian gosokkan pada kulit yang berjamur tadi. Setelah satu jam, dilap dengan handuk yang bersih. Ini untuk menghindari kulit yang peka terhadap lengkuas agar kulit tidak hangus dan gatal-gatal.

Jamu untuk gatal-gatal

Ambillah 2 jari rimpang temuireng, 2 jari rimpang kunyit, 1 jari rimpang temulawak, 2 jari brotowali dan 4 helai daun sirih.

Cara membuatnya; kupaslah semua bahan, kemudian cuci hingga bersih. Temuireng, kunyit dan temulawak ditumbuk hingga halus, lalu direbus dengan 2 gelas air bersama brotowali dan daun sirih. Tambahkan gula aren dan air asam Jawa. Saring, kemudian minum ramuan ini satu kali sehari pada sore hari. Sebaiknya jangan diminum setiap hari, tapi dua hari sekali saja.

Minyak atsiri, damar dan zat kurkumin yang terkandung di dalam temuireng berkhasiat menyembuhkan gangguan kulit seperti kudis. Sedang temulawak, brotowali, kunyit serta sirih juga berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal, seperti eksim dan kudis. Kunyit dan temulawak juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Menghilangkan gatal dengan abu

Sisa pembakaran kayu atau kulit kayu yang berbentuk abu itu ternyata mempunyai fungsi untuk beberapa keperluan. Selain bisa digunakan untuk mencuci (dijadikan abu gosok), juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa gatal pada tubuh akibat gigitan serangga atau terkena ulat bulu.

Caranya mudah. Gosokkan saja abu sisa pembakaran tersebut pada kulit Anda yang terasa gatal atau membengkak. Tunggu beberapa saat, rasa gatal itu pun pelan-pelan akan menghilang.

Gatal-gatal karena darah kotor

Anda menderita gatal-gatal yang disebabkan oleh darah kotor? Mengapa tidak mencoba mengatasinya dengan ramuan tradisional berikut ini?

Ambillah 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 biji cengkeh kering, 2 lembar daun trengguli dan adas pulowaras secukupnya. Semua bahan itu direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Dinginkan, kemudian disaring. Minumlah ramuan itu dua kali sehari secara teratur. Gatal-gatal karena darah kotor pun segera tersembuhkan.

Ramuan untuk menghilangkan rasa gatal

Ambillah 2 jari dlingo, 2 jari bangle, 2 jari sambiloto, dan 2 jari belerang (sulfur).

Cara membuatnya; kupaslah kulit dlingo dan bangle, lalu cuci bersih semua bahan. Setelah itu, tumbuk semua bahan hingga halus dan oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal, dua kali sehari, sebelum mandi. Bila ada sisa, jemurlah untuk digunakan keesokan harinya.

Belerang yang mengandung senyawa hidrogen sulfide diketahui berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur, seperti halnya eksim. Dlingo, bangle dan sambiloto berkhasiat untuk mematikan kuman. Sambiloto berkhasiat juga untuk menghilangkan rasa gatal dan eksim.