Resep-resep Tradisional untuk Mengatasi Luka

 Resep-resep Tradisional untuk Mengatasi Luka

BIBLIOTIKA - Jika Anda terkena pisau atau benda tajam lainnya atau terluka karena apapun, jangan langsung panik. Segera pergi ke belakang rumah, cari pohon anak pisang, jangan induknya.

Dengan parang, potonglah batang anak pisang itu dan ambillah getah atau air yang menetes dari potongan itu, langsung teteskan ke bagian luka Anda. Dijamin, darah yang tadinya mengucur deras itu akan segera mampat, tidak keluar lagi. Tapi ingat, jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Manfaat tembakau untuk obat luka

Tembakau biasanya digunakan untuk membuat rokok, atau kadang pula digunakan untuk membuat tokek ‘semaput’ dan tak lagi mengganggu kita. Tetapi sebenarnya tembakau juga bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, salah satunya untuk mengatasi luka. Perhatikan saja tips-tips yang berikut ini:

Jika lukanya tidak terlalu besar dan darah yang keluar hanya sedikit, Anda bisa mengeringkannya dengan air tembakau. Caranya, basahi air dengan sedikit tembakau, lalu tetesi luka tersebut. Memang agak perih, tapi dijamin darah akan segera berhenti mengalir dan luka akan segera cepat kering.

Jika lukanya agak lebar dan darahnya agak deras, ambillah segenggam tembakau untuk rokok dan bebatkan tembakau itu pada bagian yang terluka. Cara ini memang akan membuat luka jadi agak perih, tapi dijamin luka akan segera kering dan darah pun berhenti mengalir.

Selain untuk mengatasi luka, tembakau juga bisa digunakan untuk keperluan lain, di antaranya untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kaki, dan juga untuk mengusir tikus.

Untuk menghilangkan bau yang tak enak pada kaki; siramkan tembakau pada air panas di dalam baskom, lalu tunggu sampai suam-suam kuku. Kemudian rendamlah kaki Anda pada air dalam  baskom itu. Anda juga dapat membalurkan bagian dalam jari-jari kaki yang luka dan yang berbau tak sedap dengan air tembakau ini. Lalu bilas kaki Anda dengan air bersih dan keringkan. Lakukan dua hingga tiga kali, dijamin kaki Anda tak berbau lagi.

Tembakau juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya, jika Anda tahu bagian rumah yang sering dijadikan sarang tikus, sumbatlah lubang itu dengan tembakau. Dijamin tikus pun tak akan berulah di situ lagi. Untuk mencegah tikus datang, Anda juga dapat meletakkan setengah genggam tembakau di sekitar rumah atau di sudut-sudut rumah. Pasti rumah Anda pun segera terbebas dari tikus.

Sawang putih untuk luka

Dalam keseharian, pasti banyak kegiatan yang kita lakukan. Banyaknya pekerjaan atau kegiatan tersebut kadang berisiko, entah ringan atau berat, semisal terluka iris atau tergores pisau dapur. Saat itu terjadi, biasanya darah pun langsung mengalir dan kita pun terkadang menjadi bingung karena masalah itu.

Untuk mengatasi kebingungan semacam itu, Anda bisa mencari sawang putih (banyak terdapat di beberapa bagian rumah, atau di sudut-sudut lemari atau di balik meja) yang bersih, lalu segera tempelkan pada luka iris tersebut. Hampir seperti kapas, sawang putih (ingat, bukan yang berwarna abu-abu apalagi hitam) itu pun langsung menyerap darah yang mengalir dan menutup luka dengan baik.

Yang lebih baik lagi, sawang putih yang sudah tertempel pada luka tersebut tidak perlu kita lepas karena akan langsung menyatu dengan kulit / daging yang terluka. Menurut hasil penelitian medis, sawang putih itu punya daya serap dan rekat yang kuat, serta dijamin steril dan higienis.

Putih telur sembuhkan luka

Bila Anda sedang memasak air panas atau menggoreng sesuatu dan tiba-tiba air atau minyak tumpah di tubuh Anda, jangan buru-buru panik. Ambil segera putih telur, lalu oleskan pada bagian tubuh Anda yang terluka itu. Lakukan berulang-ulang sampai rasa sakitnya sembuh. Dengan cara ini kulit Anda tidak bakal terkelupas atau menjadi infeksi. Selain itu kulit akan menjadi halus dan mulus.