Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit (5)

  Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah resep-resep tradisional yang ditujukan untuk mengatasi kaki lelah, mabuk perjalanan, kesemutan, lutut ngilu, mencegah uban, hingga meninggikan badan.

Lemon tea untuk kaki lelah

Jangan heran jika minuman juga dapat bermanfaat untuk kesegaran tubuh. Anda pun tentu pernah merasakan kesegaran lemon tea, apalagi bila meminumnya saat cuaca panas dan tenggorokan sedang kering.

Tapi ternyata lemon tea tidak hanya mampu menyegarkan tenggorongan saja, tetapi juga berkhasiat untuk menyegarkan kaki.

Ada banyak cara untuk menyegarkan kaki lelah. Namun, memberikan kesempatan istirahat adalah cara terbaik untuk membantu jaringan otot kaki beristirahat. Seperti halnya mesin, kaki juga perlu perlakuan istimewa agar tetap terjaga kondisi dan kebugarannya. Nah, jika Anda ingin menyegarkan kaki Anda kembali dengan menggunakan lemon tea, berikut ini resepnya.

  1. Seduhlah teh tubruk dalam cangkir hingga kental. Apabila menggunakan teh celup, bukalah bungkus tehnya.
  2. Campurkan teh dengan air dingin sebanyak kira-kira 2 sampai 3 liter dalam sebuah bak plastik.
  3. Teteskan air jeruk lemon pada air dalam bak tersebut.
  4. Kemudian rendamlah kaki yang telah dibersihkan dan biarkan beberapa saat.
  5. Dalam beberapa saat, Anda akan merasakan kesegarannya. Lelah pada kaki Anda pun perlahan-lahan akan hilang. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah bau pada kaki.

Jahe untuk mabuk perjalanan

Dalam perjalanan jauh, baik lewat udara, laut maupun darat, seringkali kita merasa mual dan kemudian mabuk hingga muntah-muntah. Untuk menanggulangi hal yang cukup merepotkan dalam perjalanan itu, gunakan saja jahe sebagai obatnya.

Sebelum berangkat, siapkanlah terlebih dahulu beberapa potong jahe sebagai bekal pengobatan. Bila sudah muncul tanda-tanda akan mabuk dalam perjalanan, ambillah jahe tersebut dan kunyahlah perlahan-lahan, lalu telan bersama ampasnya. Atau, bisa juga dengan memasukkan irisan jahe ke dalam termos air panas, lalu minum airnya yang beraroma jahe itu. Dengan kedua cara itu, Anda bisa terhindar dari mabuk selama dalam perjalanan.

Ludah untuk kesemutan

Terlalu banyak duduk biasanya dapat mengakibatkan kesemutan, demikian juga jika diam terlalu lama. Kalau Anda ingin rasa kesemutan itu cepat pergi, lakukan saja cara mudah berikut.

Usapkan ludah Anda pada bagian kaki yang kesemutan. Dengan cara yang mudah itu, kesemutan pun akan segera pergi.

Mengatasi lutut ngilu

Bagi orang yang sudah berumur, biasanya lutut sering terasa kaku, ngilu atau pegal-pegal. Untuk keluhan semacam itu, Anda bisa mengatasinya dengan ramuan berikut.

Rebuslah kacang merah dan cakar ayam (kaki ayam) agar enak dimakan, beri bumbu sop. Makanlah menu tersebut setiap pagi selama satu bulan. Hasilnya Anda bisa merasakan lutut akan terbebas dari rasa ngilu.

Bayam untuk mencegah uban

Selain enak dibuat sayur, bayam ternyata juga mempunyai khasiat yang mujarab untuk mengatasi uban.

Caranya; sayur bayam dihaluskan hingga mengeluarkan air, lalu disaring. Airnya dicampur dengan sebutir kuning telur dan satu sendok teh madu. Minumlah ramuan ini dua kali sehari. Dengan cara ini, uban di rambut pun tak mudah tumbuh.

Kiat meninggikan badan

Anda merasa tubuh Anda pendek dan ingin menambah ukuran tinggi badan Anda? Sebenarnya, meninggikan tubuh tidak perlu biaya banyak. Modalnya hanya disiplin saja. Mau mencoba?

Lakukanlah gerakan olahraga yang ada gerakan melompatnya, seperti voli, bulu tangkis, basket, atau bisa juga renang. Konsumsilah makanan bergizi dan mengandung kalsium, dan juga minumlah air putih yang banyak. Konsumsi juga secara teratur vitamin yang mengandung zinc, karena bisa membantu pertumbuhan badan.

Kalau Anda rutin melakukan hal itu, tinggi badan pun pasti akan bertambah. Tetapi memang harus sabar. Karena hasilnya tidak bisa dilihat dalam semalam.