Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit (4)

 Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah resep-resep tradisional yang ditujukan untuk mengatasi masalah kuku yang tertindih, penyakit gondok, masalah pencernaan, penyakit kuning, infeksi, dan malaria.

Resep untuk kuku yang tertindih

Suatu waktu Anda tentu pernah mengalami peristiwa seperti ini. Mungkin Anda sedang mengangkat meja atau barang berat lainnya, lalu tanpa sengaja barang yang Anda angkat tersebut jatuh dan tepat mengenai kuku jari kaki. Anda tentu merasakan sakit yang tidak kepalang. Belum lagi, terkadang kejatuhan barang berat ini juga mengakibatkan luka yang cukup parah.

Nah, untuk menanggulangi hal itu, silakan praktekkan resep berikut.

Sediakan 20 butir bawang putih, 2 buah kemiri yang sudah dikupas dan garam secukupnya. Bawang putih, kemiri dan garam dikunyah atau ditumbuk sampai halus, lalu letakkan pada tempat yang terluka. Kemudian bungkuslah dengan kain perban agar meresap. Rasanya agak panas, tapi tahan saja.

Gantilah ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore. Tiga hari kemudian, luka karena tertindih barang ini pun akan sembuh.

Mengatasi penyakit gondok

Penderita penyakit gondok (gondongan) ditandai dengan bengkak. Biasanya penyakit ini menyerang pada bagian pipi sebelah kiri, kanan, bahkan kadang di daerah kemaluan, baik laki-laki maupun perempuan. Bila hal ini terjadi pada Anda atau keluarga Anda, segera obati dengan saran berikut.

Ambillah bahan pembiru pakaian (orang Jawa menyebutnya ‘semok’). Campurkan bahan tersebut dengan air. Kemudian oleskan pada bagian yang membengkak. Niscaya benjolan Anda segera sirna menjadi kempes dan sakitnya pun menjadi hilang.

Bila pencernaan terganggu

Apabila perut terasa kembung, sering muntah-muntah dan perut rasanya sakit sekali, itu pertanda bahwa pencernaan Anda sedang kurang baik. Untuk itu, lakukan segera pengobatan praktis berikut ini.

Petiklah lima helai daun delima, diiris halus, lalu masukkan ke dalam air panas satu gelas. Diamkan sejenak, lalu minumlah saat air itu masih hangat. Minum setiap pagi dan lakukan secara rutin selama beberapa hari. Niscaya pencernaan Anda akan normal kembali. Perlu diingat, selama minum ramuan ini dilarang minum kopi.

Teratai untuk penyakit kuning

Jika dalam keluarga Anda ada yang terkena penyakit kuning, Anda bisa mencoba resep praktis berikut.

Ambillah akar pohon teratai putih, cuci hingga bersih, lalu rebuslah dengan air kelapa muda sebanyak lima butir. Setelah itu, beri satu sendok makan gula batu. Didihkan sampai rebusan tersisa 3 gelas, kemudian minumlah 1 gelas setiap pagi, siang dan malam menjelang tidur. Dengan minum ramuan ini, penyakit kuning pun akan segera sembuh.

Kiat mencegah infeksi

Jika Anda terluka karena paku berkarat atau benda lainnya yang berkarat, biasanya akan mengakibatkan infeksi, kulit jadi membengkak, bernanah dan terkadang sakitnya luar biasa. Agar tidak terjadi infeksi semacam itu, pakailah segera resep berikut.

Ambillah satu batang bawang putih berikut daunnya yang masih segar. Kupas kulit bawang, kemudian celupkan ke dalam minyak kelapa. Pangganglah di atas api, dan dalam keadaan masih hangat, tempelkanlah pada bagian kulit yang terluka. Lakukan sesering mungin, terutama menjelang tidur dan sesudah bangun tidur.

Empedu untuk mengatasi malaria

Empedu kambing bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit malaria. Karenanya, jika Anda kebetulan menderita penyakit yang satu ini, Anda bisa menggunakan empedu kambing untuk mengobatinya.

Caranya; empedu kambing yang sudah dicuci bersih dibagi menjadi beberapa bagian. Tiap bagian diikat dengan benang. Kemudian, tiap bagian yang sudah diikat itu dipotong dan ditelan. Hati-hati jangan sampai empedu itu bocor karena rasanya sangat pahit. Selamat mencoba.