Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit (3)

Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah resep-resep tradisional yang ditujukan untuk mengatasi hipertensi, penyakit jantung, hepatitis, masalah paru-paru, penyakit kelamin, dan kebotakan rambut.

Biji kecipir untuk hipertensi

Kecipir yang biasanya dipakai untuk sayur asam, urap-urap maupun lalapan, ternyata bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sakit hipertensi.

Caranya, carilah biji kecipir satu atau setengah gelas, gorenglah sampai matang, lalu rendam dengan air hangat ditambahi sedikit garam agar terasa gurih dan empuk. Beberapa menit kemudian, buang airnya dan tiriskan. Nah, makanlah biji kecipir itu, lakukan sesering mungkin. Hasilnya pasti memuaskan.

Cuka untuk penyakit Jantung

Anda menderita penyakit jantung, atau salah satu keluarga Anda mengidap penyakit ini, dan Anda sudah berobat kesana-kemari namun tak juga kunjung sembuh? Cobalah resep yang berikut ini.

Siapkan telur ayam kampung sebanyak 5 butir, lalu rendamlah selama 40 jam. Jika telurnya agak ‘merembeh’ buang saja kulitnya, lalu campur dengan air cuka secukupnya, dengan air biasa sebanyak 180 CC dan madu secukupnya. Aduklah semua bahan menjadi satu, lalu diminum 5 sendok setiap pagi sebelum makan. Lakukan setiap hari, mudah-mudahan lekas sembuh.

Temulawak untuk hepatitis

Sebenarnya, sumber penyakit yang berat ataupun ringan datangnya dari kita sendiri. Seperti Hepatitis B, misalnya. Orang yang terjangkit hepatitis atau penyakit kuning itu pasti selalu punya kebiasaan buruk seperti pola makan yang salah, sering begadang dan terlalu bekerja keras.

Membentengi diri dengan gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang, olahraga, cukup istirahat dan juga mengkonsumsi suplemen khusus yang berfungsi memperlancar fungsi hati, bisa mencegah mampirnya hepatitis. Tanaman temulawak atau curcuma xanthorriza juga bisa digunakan untuk menjaga dan membentengi kesehatan hati. Kini suplemen tersebut telah dijual bebas.

Agar hepatitis segera terobati, konsumsilah secara teratur suplemen tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan, dan hilangkan kebiasaan buruk yang menjadi penyebab datangnya hepatitis seperti yang disebutkan di atas.

Belimbing untuk paru-paru

Belimbing asam selain digunakan sebagai penyedap masakan, ternyata bunganya juga bisa digunakan untuk obat sakit paru-paru. Caranya, ambil beberapa jumput bunga belimbing asam, tambahkan garam dan daun sirih serta beberapa lembar daun saga. Tumbuk dan peras, lalu saring airnya. Minum air tersebut tiga kali sehari. Maka sakit Anda akan sembuh setelah beberapa minggu.

Kubis untuk penyakit kelamin

Penderita penyakit kelamin biasanya malu berobat ke rumah sakit atau ke dokter. Nah, ada suatu resep yang bisa dibuat sendiri untuk mengobati penyakit kelamin. Jika kebetulan Anda juga membutuhkannya, berikut ini resepnya.

Siapkan daun kubis yang sudah tua secukupnya, bawang putih secukupnya, dan bawang merah secukupnya.

Daun kubis, bawang merah dan bawang putih diiris tipis-tipis hingga halus. Letakkan dalam mangkuk, lalu diembunkan pada malam harinya. Tapi ingat, jangan sampai kehujanan. Paginya, bahan tadi diremas-remas, lalu beri perasan air jeruk nipis. Saringlah untuk diambil airnya, kemudian diminum.

Lakukan hal ini dengan tekun, dan jangan lupa, jagalah kebersihan seputar kelamin Anda.

Mengakali kebotakan rambut

Kebotakan pada pria adalah hal umum. Tak pandang usia, dari lelaki puber sampai bapak-bapak setengah baya, kebotakan mengincar pria. Meski bukan hal asing, banyak pria yang khawatir pada ancaman kebotakan.

Kebotakan umumnya disebabkan oleh sensitivitas berlebihan terhadap hormon  testosteron yang menyebabkan rontoknya gen rambut. Kerontokan juga disebabkan kekurangan zat besi, kadar kelenjar tiroid yang rendah dan infeksi kulit kepala, seperti jamur dan ketombe. Obat-obatan juga dapat memicu kerontokan rambut.

Kerontokan fatal yang bisa mengarah pada kebotakan dapat dicegah dengan pemberian minoxidil yang bisa diperoleh di apotek. Satu tablet lain, finasteride, juga diyakini dapat mencegah kerontokan rambut lebih parah. Obat ini juga dapat menumbuhkan rambut baru.

Cara yang paling mudah untuk mengakali kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan adalah mengubah gaya potongan rambut. Penata rambut dapat mengupayakan agar rambut terlihat penuh untuk menyamarkan rambut yang mulai menipis.