Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit (2)

 Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah resep-resep tradisional yang ditujukan untuk mengatasi masalah amandel, berak darah, kencing batu, kencing manis, beri-beri, dan raja singa.

Mengobati amandel

Amandel adalah sejenis penyakit yang biasanya disembuhkan dengan jalan operasi. Namun amandel juga bisa disembuhkan dengan cara resep tradisional.

Ambillah akar pisang kepok sebesar ibu jari, bersihkan dan tumbuk, lalu tambahkan garam secukupnya. Setelah halus, masukkan setengah gelas air panas, lalu peras dan disaring airnya. Minumlah segelas air ramuan ini tiga kali seminggu. Amandel pun akan sembuh secara alami.

Mengobati berak darah

Penyakit berak darah bisa disembuhkan dengan kunyit. Ya, kunyit memang merupakan rempah-rempah yang mempunyai khasiat atau manfaat yang luar biasa. Selain untuk bumbu masak, berkhasiat pula untuk pengobatan.

Nah, jika Anda menderita berak darah, Anda bisa menggunakan kunyit untuk menyembuhkannya. Caranya, ambillah 1 jari kunyit dan temulawak, lalu parutlah. Berilah air panas, peras untuk diambil airnya. Tambahi madu asli dan gula serta sedikit garam. Minum dalam keadaan hangat-hangat kuku, sehari tiga kali.

Mengatasi kencing batu

Siapa sangka kalau nanas juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing batu? Kalau Anda kebetulan menderita penyakit yang satu ini, gunakan saja nanas untuk mengobatinya. Sebuah resep yang murah dan mudah.

Ambillah sebuah nanas yang masih muda, kupas kulitnya, lalu belah menjadi tiga bagian. Letakkan nanas pada piring lebar, taburi dengan ragi tapai, lalu tutup rapat. Diamkan selama 14 jam. Setelah itu, ragi tapai diratakan, kemudian makanlah sehari satu potong. Potongan yang kedua dan ketiga untuk besok dan lusa.

Lakukan hal ini, dan penyakit kencing batu pun akan segera pergi.

Mengatasi kencing manis

Penyakit kencing manis sangatlah merisaukan, sebab penderita selalu dihadapkan pada perubahan kadar gula yang terkandung pada tubuh. Jika kadar gula tinggi berarti penyakit tersebut kambuh, untuk itu perlu dibawa ke dokter. Nah, sebelum berangkat ke dokter, cobalah dulu minum ramuan berikut ini.

Ambillah daun salam satu genggam atau kira-kira 25 lembar, cuci bersih, lalu rebuslah dengan air sebanyak 18 gelas. Tunggu hingga airnya tersisa 9 gelas atau separuhnya. Minumlah 1 hari 1 gelas. Dengan minum ramuan ini Anda tidak perlu buang uang untuk ke dokter atau beli obat.

Selain resep di atas, Anda juga bisa mencoba resep kedua; masih menggunakan daun salam. Caranya, ambil 10 lembar daun salam, lalu rebus dengan air sebanyak 1 liter. Biarkan mendidih sampai airnya tinggal separuhnya. Minumlah air ramuan tersebut pada pagi dan sore secara rutin.

Mengatasi beri-beri

Bila dalam keluarga Anda ada yang menderita penyakit beri-beri, cobalah memakai ramuan tradisional ini sebelum dibawa berobat ke dokter.

Ambillah segenggam kacang hijau, kemudian rebuslah dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, siapkan 5 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Masukkan bawang putih itu ke dalam rebusan kacang hijau dan kembali didihkan hingga airnya tinggal satu gelas. Minumlah ramuan tersebut secara rutin pada pagi hari.

Mengatasi raja singa

Penyakit kelamin yang disebut raja singa biasanya menyerang kaum laki-laki akibat hubungan seksual yang kurang bersih. Jika Anda kebetulan terserang penyakit tersebut (semoga saja tidak), Anda bisa mengobatinya dengan cara berikut.

Carilah daun puring jenis mancar sebanyak 20 sampai 25 helai. Rebus dengan air hingga warnanya berubah, lalu minumlah. Dengan cara ini, si raja singa akan segera pergi.

Jika daun puring jenis mancar bisa digunakan untuk penyakit raja singa, maka daun puring jenis biasa mempunyai khasiat untuk menghilangkan keringat buntet.

Caranya, ambil daun puring jenis biasa sebanyak 20 sampai 25 helai, rebus dengan air kira-kira 2 gayung hingga warnanya berubah, lalu dipakai untuk mandi dengan dicampur air dingin (adem). Mandilah pada saat air masih hangat.

Daun puring ini juga bisa untuk menurunkan demam dengan cara merebusnya dengan air, lalu diminum airnya.