Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit (1)

Resep-resep Tradisional untuk Beragam Penyakit

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah resep-resep tradisional yang ditujukan untuk mengatasi mual-mual, cantengan, sariawan, varises, cacingan, kencing nanah, dan ambeien.

Mengatasi mual-mual

Kalau Anda biasa makan buah nangka, maka ingat pulalah daunnya. Karena ternyata daun nangka juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh mual-mual di perut. Jadi, kalau suatu waktu Anda merasa mual pada perut, ambil saja daun nangka yang masih muda sebanyak tiga lembar, campurkan dengan sedikit merica, lalu kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus.

Usapkan tumbukan yang telah halus tersebut pada bagian ulu hati Anda. Dalam waktu yang tak terlalu lama, rasa mual yang Anda rasakan pun akan segera hilang.

Mengobati cantengan

Seringkali kuku jari kita kemasukan kotoran atau mungkin juga tanah, sehingga terjadi infeksi atau cantengan. Akibat dari infeksi ini adalah bau yang sangat tidak sedap. Untuk mengobatinya, praktekkan saja tips berikut ini.

Bersihkan kuku yang terkena infeksi tersebut, kemudian sediakan satu sendok makan cuka dapur, kemudian siramkan pada bagian yang sakit. Lakukanlah berulang kali selama seminggu, dan Anda pun akan segera melihat hasilnya. Infeksi atau cantengan pun akan segera sembuh.

Mencegah dan mengobati sariawan

Sariawan memang penyakit yang sering muncul dan sering membuat tersiksa karena kita tidak bisa lagi menikmati makanan kesukaan kita, atau juga tak bisa lagi tersenyum dengan enak dan nyaman. Bibir terasa perih dan kadang nampak kulit yang mengelupas.

Untuk mencegah sariawan, ikuti tips berikut ini.
  1. Biasakanlah untuk makan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Usahakan setiap hari mengkonsumsi buah, meski cuma satu buah saja.
  2. Banyaklah minum air putih, minimal 8 gelas perhari.
  3. Usahakan untuk menggosok gigi sebelum tidur.
  4. Nah, jika sudah terlanjur menderita sariawan, maka cara mengobatinya adalah dengan berkumur dengan air garam yang hangat. Lakukan hal ini secara berulang-ulang, sehari minimal 3 kali, sampai sariawan hilang.

Mengatasi varises

Setelah melahirkan, biasanya ibu-ibu terserang varises di kaki. Hal ini tentu mengurangi keindahan dan rasa percaya diri seseorang. Nah, agar setelah melahirkan kaki tetap indah dan mulus, cobalah memakai resep ini.

Ambil kencur secukupnya, cuci sampai bersih, lalu haluskan dan kemudian campur dengan asam Jawa dan sedikit garam. Campur semua bahan itu, lalu oleskan pada kaki yang terkena varises. Lakukan selama satu minggu berturut-turut.

Mengatasi cacingan

Bila dalam keluarga Anda ada yang sakit cacingan, teruama anak-anak, jangan biarkan berlarut-larut. Ada cara yang mujarab untuk mengatasinya.

Ambillah biji lamtoro beberapa genggam, lalu goreng tanpa minyak (disangan) hingga hangus. Tumbuklah hingga halus, lalu letakkan dalam cangkir dan tuangkan air sebanyak kira-kira 3 sendok makan. Aduk hingga bercampur rata, setelah itu diminum sehari 3 kali, sebanyak 3 sendok makan. Cacingan pun segera tersembuhkan.

Mengatasi kencing nanah

Kelapa muda yang pada umumnya dipakai untuk minuman segar ternyata juga mempunyai khasiat yang sangat hebat untuk menyembuhkan penderita kencing nanah.

Caranya, ambil kelapa muda dan potonglah bagian atas dan bawahnya. Setelah itu berilah lubang seperlunya dan panaskan sampai mendidih kira-kira selama sepuluh menit. Bila sudah dingin, tuangkan ke dalam gelas, dan campurkan madu secukupnya. Lakukan sehari tiga kali, cukup diminum setengah gelas.

Mengatasi ambeien

Jika dalam keluarga Anda ada yang menderita sakit ambeien, cobalah memakai ramuan tradisional ini sebelum berobat ke tempat lain.

Siapkan 5 gram daun bujanggot, 10 gram daun sagamanis, kulit pohon keningar secukupnya, disangrai, kemudian ditumbuk sampai halus, 10 gram daun pakis lumut, 7 gram daun duduk, 10 gram temulawak, 8 gram kelembak, 5 gram daun asam yang masih muda, dan 7 gram daun batang patikan Cina.

Semua bahan di atas itu direbus dengan 700 CC air, dan kemudian minumlah 4 kali sehari. Selain minum ramuan ini, Anda juga harus olahraga secara teratur dan makan 4 sehat 5 sempurna.