Resep Mengatasi Gigitan Serangga dan Ulat Bulu

 Resep Mengatasi Gigitan Serangga dan Ulat Bulu

BIBLIOTIKA - Digigit serangga bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Rasanya tentu sakit sekali, apalagi bila serangga tersebut berbisa. Anda yang kebetulan terkena apes ini, bisa menggunakan bawang putih untuk mengobatinya, bila belum mendapatkan perawatan medis.

Ambillah 6 siung bawang putih, dikupas, lalu tumbuk sampai halus. Hasil tumbukan itu kemudian dibalurkan pada bekas yang terkena sengatan, kemudian dibalut dengan kain yang bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari, maka gigitan itu pun akan segera sembuh.

Liur ayam untuk gigitan serangga

Tahukah Anda, ternyata air liur ayam bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit sehabis digigit binatang berbisa semacam lipan atau kalajengking. Jadi, apabila Anda kebetulan digigit oleh binatang-binatang itu, gunakan saja tips yang berikut.

Sabutlah sehelai bulu ayam. Masukkan bulu tersebut ke dalam paruh ayam. Setelah itu oleskan air liur yang terdapat pada bulu itu pada bagian yang terkena gigitan binatang tadi. Maka rasa sakit yang Anda derita pun akan segera hilang.

Bila terkena ulat bulu

Karena asyik berkebun, mungkin tanpa Anda sadari, tangan atau anggota tubuh yang lain terkena gigitan ulat bulu. Gigitan tersebut mungkin tidak terasa sakit, tapi akibatnya Anda menderita gatal-gatal yang cukup menyakitkan. Nah, apabila Anda mengalami hal itu, gunakan saja tips berikut ini.

Ambillah sebatang lilin, lalu nyalankanlah. Teteskan cairan lilin yang hangat pada bagian yang terkena gigitan ulat bulu. Biarkan saja tetesan-tetesan lilin itu mengumpul di situ. Baru setelah dingin, kupaslah cairan lilin tersebut. Maka gatal-gatal akibat ulat bulu pun akan hilang.

Mengatasi bisa ulat

Di tumbuhan atau pada tanaman tertentu kadang terdapat ulat-ulat yang tidak kita lihat. Akibatnya, kadang saat kita tengah mengurusi tanaman tersebut kulit kita tanpa sengaja tersentuh ulat itu. Digigit ulat biasanya gatal luar biasa dan sakitnya cukup lama. Jika kebetulan Anda mengalami hal yang menjengkelkan semacam itu, gunakan saja cara berikut untuk mengatasinya.

Ambillah segenggam tanah basah (atau dibasahi dengan air), lalu campur hingga merata dengan garam dapur satu sendok makan. Kemudian oleskan ke bagian tubuh Anda yang terkena ulat. Dalam waktu satu menit, Anda pun akan sembuh dari gatal-gatal dan sakit yang tadi anda derita.