Resep dan Panduan Mengatasi Luka Bakar

Resep dan Panduan Mengatasi Luka Bakar

BIBLIOTIKA - Anda atau salah satu keluarga Anda ada yang mengalami luka bakar? Anda bisa membantu mengatasinya dengan resep yang sederhana dan mudah dibuat.

Siapkan 1 buah wortel muda, dan 2 – 3 daun jambu air yang masih pupus.

Daun jambu air ditumbuk, sedangkan wortel diparut. Tumbukan daun jambu air kemudian dicampur dengan parutan wortel. Campuran ini dioleskan pada bekas luka bakar, sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan menjelang tidur malam.

Lidah buaya untuk luka bakar

Anda tentu pernah tersulut api atau bara rokok. Rasanya tentu panas, dan biasanya diikuti dengan kulit yang melepuh. Biasanya, banyak yang menganjurkan untuk mengolesi luka bakar dengan odol (pasta gigi) atau minyak tanah untuk menjaga agar luka bakar itu tidak melepuh dan meninggalkan bekas.

Tapi anjuran semacam itu tidak bisa dikatakan sempurna untuk menangani luka bakar. Odol memang mengurangi rasa panas yang mendera kulit, tapi tetap membuat kulit jadi melepuh. Minyak tanah sebaliknya, membuat kulit tidak melepuh tapi rasa panas di kulit tetap tak terhindarkan.

Nah, ada resep lain yang bisa dikatakan lebih baik dari dua resep tadi, yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Jika Anda mengolesi kulit yang tersulut api itu dengan lidah buaya yang telah tua (banyak mengandung lendir) Anda akan memperoleh khasiat ganda. Selain kulit yang terkena luka bakar itu tidak melepuh, rasa panas pun menjadi hilang. Jika Anda olesi luka itu dengan lidah buaya cukup lama, kulit Anda bahkan seperti tak pernah terkena luka bakar.

Khasiat lidah buaya tentu bukan hanya itu. Sebagaimana yang juga Anda tahu, lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai penyubur rambut. Tetapi lebih dari itu, daging lidah buaya pun ternyata bisa menyembuhkan flu dan meningkatkan kebugaran. Caranya, rebus daging lidah buaya dalam bentuk potongan kotak dadu dan bubuhi dengan gula. Bisa Anda konsumsi selagi hangat atau dengan es jika untuk menambah kebugaran. Selamat mencoba.

Ampas kopi untuk luka bakar

Jika dalam keluarga Anda tiba-tiba ada yang tersiram air panas atau minyak panas, jangan buru-buru panik. Lakukan segera tindakan pengobatan dengan mengambil sisa atau ampas kopi yang masih ada di gelas. Oleskan pada bagian yang tersiram benda panas tersebut, maka tak lama kemudian bagian yang sakit karena tersiram benda panas itu pun akan terasa dingin. Dalam dua hari luka akan sembuh kembali seperti sedia kala.

Peringatan; selama menggunakan resep tersebut, usahakan agar jangan sampai terkena air. Resep ini juga berkhasiat untuk luka bakar.

Menolong korban luka bakar

Hati-hati saat menolong korban luka bakar, karena jika tidak hati-hati, bisa menyebabkan luka-luka yang dideritanya menjadi semakin parah. Sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini saat akan menolong korban luka bakar.
  1. Siram dengan air biasa, bukan dengan air es. Tujuannya untuk mendinginkan sekaligus mencegah kerusakan agar tidak terlalu banyak.
  2. Selimuti korban dengan kain yang telah dibasahi air, untuk menghindari kontaminasi dengan kuman.
  3. Jangan beri pasta gigi atau odol, supaya luka tidak bertambah parah dan susah dibersihkan.
  4. Jika luka bakar akibat api, gulingkan ke tanah, atau dekap dengan handuk basah.
  5. Tutuplah luka dengan kasa yang bersih, agar tidak dimasuki kuman.
  6. Jangan dipencet jika luka menimbulkan gelembung air di kulit yang mati, karena bila gelembung kulit itu terbuka bisa memudahkan kuman memasukinya.
  7. Berilah antibiotik, supaya kuman tidak masuk.
  8. Berikan obat penenang, sebagai pengurang rasa sakit bagi penderita.
  9. Segera bawa ke rumah sakit. Luka bakar harus ditangani cepat dan serius.