Resep Alami agar Napas Selalu Segar dan Tidak Bau

 Resep Alami agar Napas Selalu Segar dan Tidak Bau

BIBLIOTIKA - Napas yang tidak segar membuat orang tidak nyaman bercakap-cakap dengan kita. Lebih dari itu, kita pun jadi tidak bisa pede waktu berhadapan dengan orang lain kalau napas kita tidak segar, apalagi sampai berbau. Untuk menanggulangi hal ini, Anda tidak perlu repot-repot membeli penyegar mulut, karena ada tips yang lebih aman, murah sekaligus praktis.

Ambillah daun sirih secukupnya, lalu rebus sampai mendidih. Bisa juga diseduh secara langsung dengan air mendidih. Diamkan air rebusan daun sirih itu sampai dingin, dan setelah itu berkumurlah dengan air sirih itu secukupnya.

Karena bau daun sirih lumayan tidak enak, mau tidak mau Anda harus menguat-nguatkan diri kalau ingin punya napas yang wangi. Cobalah, dan Anda akan segera mendapati napas Anda tak berbau lagi, bahkan menjadi segar.

Agar napas tidak bau

Punya masalah dengan napas yang berbau tidak sedap? Mengapa tidak mencoba kiat-kiat yang berikut ini:

Konsumsilah nutrisi yang seimbang; karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan zat gizi lain. Komponen itu sangat penting bagi proses tumbuh kembang, terutama balita. Dengan nutrisi yang seimbang, pertahanan tubuh akan menjadi kuat terhadap segala masalah kesehatan mulut.

Cukupkan kebutuhan vitamin dan mineral, terutama vitamin C, B12 dan zat besi. Vitamin dan mineral merupakan zat yang berfungsi untuk mempertahankan kekuatan dan kekenyalan lapisan penyusun rongga mulut dan dapat memperbaiki sel-sel atau jaringan yang rusak atau mengalami infeksi.

Lakukan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut secara rutin. Yakni menggosok gigi dengan pasta gigi ber-fluoride. Sedapatnya setiap selesai makan dan sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi yang bulu sikatnya tak terlalu keras agar jaringan-jaringan lunak di mulut tak terluka.

Bila memungkinkan, gunakan benang gigi dan obat kumur untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan kesegaran napas kita.

Biasakan untuk ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan pemeriksaan rutin, misalnya tiga atau enam bulan sekali.

Buah inggu untuk pernapasan

Buah inggu ternyata memiliki multi khasiat. Selain mampu menyembuhkan sesak napas, juga bermanfaat untuk membersihkan kerongkongan agar suara menjadi bersih, tidak sesak, melapangkan pernapasan, menghilangkan rasa mual dalam perut dan juga mengobati demam. Bila Anda ingin menggunakan daun inggu untuk pengobatan, pakailah cara berikut.

Ambil buah inggu secukupnya, masak dengan air hingga 30 menit. Setelah dingin, minumlah airnya pada pagi hari sebelum makan.