Proses Terbentuknya Kanker Payudara

 Proses Terbentuknya Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, dengan berbagai latar belakang. Meski penyakit ini juga menyerang pria, namun umumnya kebanyakan wanita yang terserang kanker payudara. Tinggi rendahnya risiko untuk terjangkit kanker payudara terkait oleh beberapa sebab dan banyak faktor. Pertanyaannya sekarang, bagaimana proses terbentuknya kanker payudara?

Kanker dimulai dari tumbuhnya sel-sel kanker. Sel-sel kanker dapat menyumbat semua jaringan dan organ-organ tubuh, termasuk payudara. Bagian-bagian tubuh, termasuk payudara, memiliki sel-sel yang normal. Sel-sel normal itu tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru, saat dibutuhkan. Ketika sel-sel yang normal telah menjadi tua atau rusak, sel-sel tersebut digantikan sel-sel baru yang menempati tempat mereka sebelumnya.

Namun, proses itu kadang tidak berjalan seperti seharusnya. Sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya, sementara sel-sel yang tua dan rusak tidak mati seperti seharusnya. Mereka membentuk sebuah jaringan yang sering disebut gumpalan atau tumor.

Tumor adalah kumpulan jaringan tidak normal, yang disebabkan oleh sel-sel yang membelah lebih banyak dari seharusnya, atau yang tidak mati. Ada dua jenis tumor pada payudara, yaitu tumor yang dapat menyebabkan kanker dan yang tidak.

Tumor yang tidak menyebabkan kanker biasanya tidak berbahaya, jarang menyerang jaringan di sekitarnya, tidak berkembang ke bagian lain tubuh, dan bisa diangkat serta tidak tumbuh kembali. Namun, tumor yang dapat menyebabkan kanker bisa mengancam kehidupan, bisa menyerang organ dan jaringan sekitarnya, dapat berkembang ke organ tubuh lain, dan sering kali bisa diangkat namun kadang-kadang tumbuh kembali. Dalam hal ini, kanker payudara terbentuk oleh tumor yang menyebabkan kanker.