Perubahan-perubahan Payudara di Tiap Usia

Perubahan-perubahan Payudara di Tiap Usia

BIBLIOTIKA - Payudara wanita mulai tumbuh pada masa puber, lalu terus berubah seiring usia dan fluktuasi hormon yang terjadi. Ukuran payudara biasanya membesar saat masa kehamilan dan menyusui, dan rata-rata payudara mulai kendur pada akhir usia 40-an. Berikut ini adalah kondisi dan perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara wanita di beberapa tahapan usia.

Usia 20-an

Pada usia 20-an, atau masa pubertas, tubuh seorang wanita akan mulai menghasilkan hormon estrogen dalam jumlah cukup. Seiring dengan itu, payudara akan berkembang pesat, membentuk dua kerangka jaringan ikat serta sistem kelenjar, saluran, pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan saraf. Bersamaan dengan itu, payudara juga mengembangkan sel-sel lemak yang membentuk gumpalan kelenjar payudara.

Pada usia 20-an, payudara sedang mekar-mekarnya. Meski begitu, payudara membutuhkan perawatan yang baik, agar selalu sehat dan cantik, termasuk di usia selanjutnya. Karena itu, selalu kenakan bra yang tepat untuk menopang payudara dengan sempurna.

Usia 30-an

Pada usia ini, wanita biasanya menjalani masa kehamilan, dan payudara secara bertahap akan membesar. Selama kehamilan, bisa jadi kedua payudara akan bertambah sebanyak setengah kilogram. Terjadi peregangan kulit di sekitar payudara akibat kenaikan berat badan, dan hal itu bisa mengganggu produksi kolagen, sehingga membuat kulit di sekitar payudara mengendur, terutama setelah persalinan.

Pada usia 30-an, sangat disarankan agar Anda rutin memeriksa payudara sendiri, untuk mengantisipasi adanya kelainan yang mungkin terjadi. Jika Anda memiliki ibu atau anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker, Anda disarankan melakukan pemeriksaan mammografi di usia 35 tahun.

Usia 40-an

Pada usia 40-an, terlepas apakah seorang wanita pernah hamil dan melahirkan atau tidak, kelenjar penghasil susu (lobule) akan mengecil sehingga payudara terlihat kendur. Selain itu, penurunan berat badan yang drastis juga bisa membuat payudara terlihat kendur, akibat lapisan lemak pada payudara menyusut.

Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa mengenakan push up bra. Pada usia ini, Anda juga disarankan melakukan pemeriksaan mammografi setahun sekali.

Usia 50-an

Memasuki usia 50-an tahun, khususnya saat masa menopause, perubahan pada payudara biasanya terjadi saat siklus haid tidak terjadi lagi. Pada waktu tersebut, risiko kanker payudara akan semakin tinggi, seiring bertambahnya usia. Karena itu, pemeriksaan payudara menjadi semakin penting untuk diperhatikan, setelah menopause.