Perawatan untuk Payudara yang Bermasalah

Perawatan untuk Payudara yang Bermasalah

BIBLIOTIKA - Ada kalanya payudara mengalami masalah tertentu, khususnya setelah melahirkan. Masalah-masalah khas itu di antaranya puting susu yang lecet, penyumbatan pada kelenjar payudara, atau pengerasan payudara. Untuk mengatasi beberapa masalah semacam itu, berikut ini adalah panduannya.

Mengatasi puting yang lecet

Untuk mencegah rasa sakit karena puting yang lecet, bersihkanlah puting payudara menggunakan air yang hangat ketika sedang mandi, tetapi jangan menggunakan sabun, karena sabun bisa membuat puting susu menjadi kering atau mengalami iritasi.

Mengatasi penyumbatan pada kelenjar payudara

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan apabila mengalami penyumbatan pada kelenjar payudara adalah sebagai berikut:

Sebelum menyusui, pijatlah payudara dengan lembut. Pijatan bisa dimulai dari bagian luar, kemudian perlahan-lahan bergerak ke arah puting susu, dan lebih berhati-hatilah pada area yang mengeras.

Menyusui sesering mungkin dengan jangka waktu selama mungkin, juga dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Susuilah bayi Anda dengan payudara yang sakit jika Anda kuat menahannya, karena bayi akan menyusu dengan penuh semangat pada awal sesi menyusui, sehingga bisa mengeringkannya dengan efektif, yang akan mengurangi penyumbatan pada kelenjar payudara.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengeluarkan air susu dari payudara itu setiap kali selesai menyusui, apabila bayi belum benar-benar menghabiskan isi payudara yang sakit tersebut.

Tempelkan handuk yang halus, yang sudah dibasahi air hangat, pada payudara yang sakit beberapa kali dalam sehari (atau bisa pula mandi dengan air hangat beberapa kali). Lakukan pemijatan dengan lembut di sekitar area yang mengalami penyumbatan kelenjar susu, dan secara perlahan-lahan turun ke arah puting susu.

Mengatasi pengerasan payudara

Menyusui secara rutin sesuai kebutuhan bisa membantu mengurangi pengerasan payudara. Tetapi kalau bayi sudah menyusu dengan baik, atau sudah mencapai berat badan ideal, Anda mungkin harus melakukan sesuatu untuk mengurangi tekanan atau pengerasan pada payudara. Hal itu bisa dilakukan, misalnya dengan merendam kain dalam air hangat kemudian ditempelkan pada payudara, atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui bayi.

Selain itu, Anda juga bisa mengeluarkan sejumlah kecil ASI sebelum menyusui, baik secara manual atau dengan menggunakan pompa payudara. Untuk pengerasan payudara yang agak berat, gunakan kompres dingin atau es kemasan ketika Anda tidak sedang menyusui, untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mengurangi pembengkakan pada payudara.