Pentingnya SADARI Dalam Kesehatan Payudara

Pentingnya SADARI Dalam Kesehatan Payudara

BIBLIOTIKA - Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita, setelah kanker kulit, dan merupakan penyebab kematian nomor dua akibat kanker pada wanita. Kenyataan yang mengerikan itu sebenarnya bisa diatasi dengan rutin melakukan SADARI atau memeriksa payudara sendiri secara rutin dan teratur, agar bisa mendeteksi kalau sewaktu-waktu terdapat masalah atau kelainan pada payudara. Selain SADARI, pemeriksaan menggunakan mammografi juga bisa diandalkan.

Yang menjadi masalah, selama ini deteksi dini yang sebenarnya relatif mudah itu sering tidak dilakukan, dengan berbagai alasan. Padahal cara tersebut sangat ampuh dalam mendeteksi risiko berkembangnya kanker, sekaligus memperbesar tingkat kesembuhan seorang pasien, jika sel kanker ditemukan sejak stadium dini.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan SADARI dan mammografi sangat efektif dalam mendeteksi kanker payudara, termasuk pada perempuan usia muda. Penelitian itu melibatkan hampir 6.000 relawan wanita di Michigan, yang rata-rata berusia 59 tahun, dan telah didiagnosis dengan kanker payudara. Hasilnya menunjukkan, dua per tiga dari tumor ditemukan lewat mammografi, 10 persen dengan pemeriksaan dokter, 30 persen ditemukan dengan cara palpasi (meraba), dan 90 persen ditemukan dengan cara SADARI.

Sedangkan untuk wanita di bawah usia 50 tahun, sebanyak 48 persen dari kanker terdeteksi dengan mamografi, dan 46 persen oleh SADARI. Kenyataan itu menunjukkan, bahwa memeriksa payudara sendiri memiliki kontribusi yang besar dalam menemukan masalah yang terjadi pada payudara. Karenanya, sesibuk apa pun, para wanita perlu selalu mengingat untuk melakukannya.