Pengobatan Tradisional untuk Kanker Payudara

Pengobatan Tradisional untuk Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kanker payudara membutuhkan penanganan medis untuk mengatasinya. Salah satu cara penanganan yang umum dilakukan dalam mengatasi kanker payudara adalah dengan kemoterapi. Selain penanganan medis, kanker payudara juga bisa diatasi dengan cara tradisional, menggunakan bahan-bahan yang dipercaya memiliki kandungan tertentu dalam mengatasi masalah kanker.

Berikut ini adalah beberapa cara tradisional untuk mengatasi kanker payudara. Resep berikut ini bisa digunakan sebagai pendamping terapi medis, dalam upaya mempercepat kesembuhan. Dalam menggunakan resep-resep berikut, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda terlebih dulu, atau dengan tenaga profesional berkompeten.

Daun sirsak

Studi yang pernah dilakukan menemukan bahwa kandungan dalam daun sirsak memiliki khasiat mengatasi kanker payudara. Kandungan sirsak, seperti acetogenins, muricapentocin, annocatacin, linoleic acid, annocatalin, gigantetroin, dan senyawa lainnya, dapat mengatasi berbagai masalah kanker, termasuk kanker payudara.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa membuat teh daun sirsak. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirsak yang telah tua, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Tunggu sampai jumlah air tinggal 1 gelas. Setelah itu ramuan tersebut bisa diminum setelah hangat, dan Anda bisa mengonsumsinya 2 kali setiap hari.

Bunga rosella

Sudah lama bunga rosella terkenal sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional, termasuk untuk mencegah kanker, radang, membantu mengendalikan tekanan darah, dan lain-lain. Bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin D, B1, dan B2, kalsium, magnesium, omega 3 , vitamin A, iron, potasium, betakaroten, dan asam esensial.

Manggis

Buah dan kulit manggis mengandung senyawa yang disebut xanthone. Senyawa tersebut dapat membantu memperluas pembuluh darah, sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Selain itu, manggis memiliki kandungan mineral dan kalium yang dapat membantu memetabolisme energi.

Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa manggis tidak sekadar sebagai antioksidan, namun juga memiliki kandungan zat antikanker, dan senyawa xanthone dalam manggis mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara.

Tapak dara

Tapak dara juga telah lama terkenal sebagai daun berkhasiat. Dalam mengatasi kanker payudara, daun tapak dara bisa dimanfaatkan dengan cara berikut.

Siapkan 15 helai daun tapak dara, kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai mendidih. Saring, dan ambil airnya. Anda bisa meminum ramuan ini secara rutin, dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Selain cara di atas, Anda bisa mencampurkan 22 helai daun tapak dara, kulit kunyit pulasari dan adas secukupnya, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Anda bisa menambahkan gula merah secukupnya. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, dengan dosis setengah gelas setiap kali minum.