Panduan Pintar Membuat Steak di Rumah

 Panduan Pintar Membuat Steak di Rumah

BIBLIOTIKA - Dalam membuat steak sendiri di rumah, ada dua hal penting yang perlu diingat, karena sangat menentukan hasilnya, yaitu kualitas dan bagian daging yang dipilih. Selain itu, jangan lupa memperhatikan api panggangan.

Ada beberapa cara membuat steak, namun untuk mendapat hasil yang paling lezat, cobalah memanggangnya. Rasanya paling mantap, karena sari daging steak hasil panggangan lebih kental dibandingkan cara olahan lain.

Namun, selain itu, ada beberapa hal lain yang juga tidak boleh luput diperhatikan. Berikut ini tip yang bisa Anda gunakan agar sukses membuat steak di rumah:

Jika daging steak terasa keras, pukul-pukullah daging itu ketika masih mentah, dengan menggunakan palu basah agar tidak menempel.

Sebelum mengiris fillet menjadi steak, sebaiknya buang selaput dan rantai-rantainya, karena fillet tipis ada sepanjang fillet utama.

Untuk mendapatkan steak istimewa dengan lemak kering, singkirkan terlebih dulu lemaknya, kemudian goreng dengan cepat. Tetapi akan lebih baik jika menggoreng lemaknya lebih dulu.

Agar steak tidak kering bagian luarnya dan basah bagian dalamnya, biarkan selama beberapa menit setelah dimasak, agar cairannya menyebar rata ke semua bagian.

Ketika membuat steak, sebaiknya wajan dalam kondisi panas, supaya cairan daging tidak keluar sebelum lapisan luar matang dan menahannya.

Ada sebagian orang yang menusuk-nusuk daging steak dengan tujuan agar lebih cepat lunak atau agar bumbunya meresap. Langkah ini justru akan membuat daging steak menjadi kering, karena cairan daging keluar dari lubang bekas tusukan.

Jangan terlalu sering membolak-balik ketika memanggang. Hal ini akan membuat daging lama mejadi cokelat.

Untuk mengetahui apakah daging sudah cukup matang, cukup dengan menusuk daging dengan menggunakan tusukan sate, kemudian perhatikan cairan yang keluar, dan lihatlah. Jika berwarna merah, berarti masih terlalu mentah. Jika merah muda, berarti masih agak mentah. Jika hampir bening, berarti setengah matang. Dan jika tidak berair, berarti sudah matang.

Setelah selesai memanggang steak, jangan membiarkan panggangan begitu saja. Segera bersihkan sisa makanan yang menempel selagi panas, agar tidak menempel dan mengeras sehingga sulit dibersihkan.