Panduan Pintar Membuat Kue

 Panduan Pintar Membuat Kue

BIBLIOTIKA - Ada hal-hal kecil yang sering kali dilupakan orang ketika membuat kue. Padahal, langkah-langkah tersebut bisa membantu pekerjaan jadi lebih efisien, dan kue jadi terasa lebih lembut. Jika Anda tertarik, silakan cermati tip di bawah ini:

Gunakan tempat kue yang terbuat dari alumunium yang berat. Pasalnya, jenis ini punya kemampuan menahan panas yang lebih baik daripada wadah lain yang ringan. Kue yang dihasilkan pun akan lebih rata dan lebih lembut, sehingga Anda tidak perlu menambahkan minyak atau puding agar kue terasa nikmat di lidah.

Ketika Anda ingin membuat dua kue sekaligus, lebih baik pilih wadah dengan diameter 3 inci untuk menghasilkan kue yang lebih tebal. Kemudian potong melintang menjadi dua bagian. Langkah ini akan lebih efisien dibandingkan menggunakan dua wadah yang berdiameter lebih kecil.

Supaya kue terasa lembut, tambahkan setengah kotak resep puding yang biasa dijual di toko, ke dalam setiap adonan. Atau bisa juga menggunakan seluruh bagian bahan puding itu, namun tambahkan dua telur atau lebih ke dalam adonan.

Anda bisa menambahkan sedikit minuman tertentu untuk memberi rasa baru pada kue Anda. Yang sering digunakan adalah rum.

Jika kue telah matang dan Anda hendak mendinginkannya, letakkanlah kue yang telah dikeluarkan dari wadahnya itu di atas alas berupa kertas tebal. Jangan mendinginkan di atas rak panggangan tanpa alas, karena besi-besi rak akan membekas pada kue yang masih lunak.

Kalau Anda tertarik hendak menghias kue, gunakan spatula yang telah dimasukkan ke dalam air panas, lalu dikeringkan dengan tisu tebal. Panas dari air bisa membuat minyak meleleh, sehingga hiasan yang umumnya terbuat dari mentega dan gula itu terasa lembut.

Bila Anda membuat kue cokelat dan sebagian besar kue dihias cokelat, tapi masih ada hiasan lain yang harus diberi warna, gunakan saja pewarna makanan yang gelap. Rasanya juga lebih mantap.

Jika kue hendak dipasangi lilin, ada tip yang perlu diingat agar lilin dapat berdiri tegak, yaitu masukkan tusuk gigi ke bagian bawah lilin terlebih dulu, baru lilin itu dipasang di atas kue.