Panduan Penting Merawat Bra

 Panduan Penting Merawat Bra

BIBLIOTIKA - Sebagai pakaian dalam, bra memang tidak terlihat dari luar. Tapi bukan berarti perawatan bra tidak perlu diperhatikan. Bagaimana pun, bra memiliki fungsi penting, yaitu untuk menopang payudara, sehingga kesehatan dan kecantikan payudara senantiasa terjaga.

Hal paling penting dalam urusan bra tentu saat pertama kali memilih dan membeli. Perhatikan benar-benar bahwa bra yang Anda beli sesuai dengan ukuran tubuh dan payudara Anda, sehingga tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran, serta nyaman dikenakan. Setelah itu, perhatikan kiat berikut.

Cucilah secara manual

Sebisa mungkin, hindari mencuci bra menggunakan mesin cuci, karena bisa merusak bra. Lebih baik dicuci secara manual, dengan cara merendamnya 30 menit, kemudian dikucek dan dibersihkan secara perlahan menggunakan tangan.

Saat merendam bra dalam air, sebaiknya jangan gabungkan bra dengan pakaian lain. Selain itu, cup bra juga tidak perlu dikucek terlalu keras, karena dapat merusak busa bra.

Hindari pemakaian pemutih

Saat mencuci bra, hindari memakai bahan pemutih, karena dapat menyebabkan bra mudah robek. Untuk merawat bra agar selalu awet dan dalam kondisi baik, sebaiknya gunakan sampo bayi saat mencucinya.

Hindari sinar matahari

Saat dijemur, sebaiknya jemurlah bra di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Menjemur bra di bawah matahari langsung memang menjadikan bra lebih cepat kering. Tetapi hal itu bisa menyebabkan bra kehilangan elastisitasnya. Dalam hal ini, yang sering terjadi adalah karet bra cepat putus.

Selain menghindari menjemur bra di bawah sinar matahari langsung, hindari pula menjemur bra di dalam kamar mandi, atau ruangan lembap lain, karena dapat menimbulkan noda atau bintik-bintik yang merusak kecantikan bra.

Cara menjemur dan menyimpan

Pada waktu menjemur bra, gantunglah bra pada bagian tengah di antara kedua cup. Jangan menggantung bra di bagian tali, untuk menjaga elastisitasnya.

Kemudian, saat menyimpannya di dalam laci atau lemari, sebaiknya pisahkan bra dengan pakaian lain. Kumpulkan bra di satu tempat, namun jangan sampai berhimpitan yang memungkinkan tali-tali bra saling tersangkut. Selain itu, hindari menyimpan bra dengan membalik cup bra, karena perlakuan semacam itu akan membuat bra cepat rusak.