Panduan Penting Memilih dan Mencuci Bra

Panduan Penting Memilih dan Mencuci Bra

BIBLIOTIKA - Apa yang pertama Anda perhatikan saat membeli dan memilih bra? Tentu saja Anda akan memilih yang ukurannya tepat dengan payudara Anda. Setelah itu memilih model dan warna yang Anda sukai. Namun, memilih bra yang baik tidak hanya sebatas itu.

Selain ukurannya tepat hingga dapat menyangga atau menopang payudara dengan baik, Anda juga perlu memperhatikan model yang sesuai. Misalnya, jika payudara Anda tergolong mini, push up bra mampu membuatnya terlihat lebih penuh. Bila payudara tergolong besar, pilih full cup bra yang tidak membuatnya terlihat berat dan menggantung.

Kemudian, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat membeli bra adalah kualitasnya. Apakah bahan yang digunakan tidak membuat panas saat dipakai? Lihat apakah jahitannya benar-benar kuat. Perhatikan pula kawat yang mungkin ada pada bra, apakah kawatnya mudah keluar (karena bisa melukai payudara). Perhatikan pula kaitan bra, apakah benar-benar sempurna ataukah terdapat cacat.

Jika bra yang Anda pilih terlalu besar, atau ukurannya tidak sesuai, maka payudara tidak akan tertopang dengan baik, dan dapat berubah bentuk. Sebaliknya, jika ukuran bra yang Anda kenakan terlalu kecil, maka dapat mengganggu peredaran darah, membuat napas jadi sesak, dan meninggalkan bekas merah pada payudara.

Yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah menyesuaikan penggunaan bra dengan pakaian luar. Agar tampil sempurna, kombinasikan underwear dan outwear. Misalnya, jika Anda mengenakan gaun kemben, pakailah bra tanpa tali dengan cup model 1/2, agar bagian samping bra tidak terlihat dari luar. Sebaliknya, jika memakai atasan berleher V, kenakan bra dengan cup 3/4.

Berikut ini ukuran cup bra. Cup bra AA: Di bawah 10 cm (ukuran top bust dan under bust), cup A: 10 cm, cup B: 13 cm, cup C: 15 cm, cup D: 18 cm.

Terakhir, yang juga perlu diperhatikan menyangkut bra adalah cara mencuci yang benar, sehingga bra kembali bersih tanpa menjadi rusak akibat proses pencucian. Berikut ini tip seputar mencuci bra yang bisa Anda perhatikan:
  1. Perhatikan petunjuk cuci yang tertera pada label bra (jika ada).
  2. Pastikan suhu air yang akan digunakan untuk mencuci bra tidak lebih dari 40 derajat Celcius.
  3. Gunakan air hangat dan sabun cuci lembut untuk mencuci bra.
  4. Cucilah bra dengan tangan. Mencuci bra di mesin cuci akan membuat bentuknya lekas rusak, dan kawatnya bisa keluar.
  5. Jika terpaksa mencuci dengan mesin cuci, gunakan “special net for bra”.
  6. Jangan memasukkan bra dengan kawat penyangga ke dalam pengering, karena panas mesin bisa merusak bentuk bra.
  7. Jangan mencuci bra menggunakan bahan pemutih.
  8. Jangan menyikat bra, terutama yang berenda.
  9. Jangan langsung menuangkan deterjen ke bra, karena bisa merusak warna bra.
  10. Bra yang terbuat dari sutra harus dikeringkan dengan handuk, dan diletakkan mendatar.
  11. Jangan menyeterika bra.