Panduan Merawat Kecantikan Kulit Payudara

Panduan Merawat Kecantikan Kulit Payudara

BIBLIOTIKA - Umumnya, wanita sangat memperhatikan perawatan kulit wajah, dan mereka menghabiskan banyak waktu bahkan biaya untuk mempercantik wajah. Selain termasuk anggota tubuh yang terlihat, wajah juga sering menjadi bagian pertama yang dilihat orang lain. Namun, ada yang tidak kalah penting untuk mendapat perawatan serupa, yaitu payudara.

Meski termasuk anggota tubuh yang selalu tertutup, sehingga tak terlihat, namun payudara juga membutuhkan perawatan, khususnya jika Anda ingin selalu memiliki payudara yang indah dan menawan.

Menyangkut payudara, hal pertama yang perlu disadari adalah bahwa kulit payudara cenderung lebih tipis dan lembut dibanding bagian tubuh lainnya. Karena itu, saat Anda selesai mandi dan mengeringkan tubuh dengan handuk, usaplah hati-hati saat di bagian payudara. Akan lebih baik jika Anda menggunakan handuk yang lembut, agar usapan pada bagian payudara tidak sampai melukai kulitnya.

Kulit di sekitar puting susu atau areola juga lebih sensitif, karena terdapat syaraf di bawahnya. Karena itu, sebaiknya hindari menggosok area sensitif tersebut dengan sabun, karena beberapa jenis sabun dapat membuat bagian kulit yang sensitif menjadi kering dan teriritasi.

Selain hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menjaga keindahan payudara Anda.

Pelembap

Anda bisa merawat keindahan payudara dengan menggunakan pelembap ringan atau minyak sweet almond, dan lakukan dua hari sekali jika memang puting susu dan areola kering serta pecah-pecah.

Untuk melembutkan kulit payudara, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender clan neroli. Sekali lagi, hindari menggosok payudara dengan handuk secara kasar, karena dapat menyebabkan puting susu terasa sakit dan perih.

Masker

Perawatan masker tidak hanya bisa digunakan untuk kulit wajah, tapi juga untuk payudara. Dengan melakukan masker khusus payudara, kulit payudara Anda akan semakin kencang. Biasanya, masker untuk payudara terbuat dari bahan dasar tepung beras (Amylum oryzae).

Cara menggunakannya, campurkan masker dengan air mawar, lalu oleskan pada payudara secara merata menggunakan kuas yang bersih dan lembut. Biarkan selama 10-15 menit, atau hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih, dan kompres dengan es. Lalu bersihkan payudara Anda dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat seperti payudara yang kencang, lebih halus, terlihat lebih indah, hingga memperlambat keriput. Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakan masker payudara selama kurang lebih 10 minggu.

Pemijatan

Melakukan pijat payudara bisa membantu menjaga bentuknya tetap kencang. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan payudara dengan handuk basah yang sebelumnya direndam air hangat. Lalu usapkan secara lembut pada kulit sekitar payudara.

Setelah itu, keringkan dan pijatlah payudara dengan lembut sekitar 10-15 menit. Lalu bersihkan kembali dengan handuk basah, dan keringkan.