Panduan Merawat dan Mempertahankan Kecantikan Payudara

 Panduan Merawat dan Mempertahankan Kecantikan Payudara

BIBLIOTIKA - Bentuk payudara yang ideal adalah yang indah, sehat, dan kencang. Bentuk seperti itu biasanya dimiliki para wanita remaja atau yang berusia di bawah tiga puluh tahun. Bagi wanita yang telah berusia di atasnya, bentuk payudara kadang tidak seindah semula.

Ada beberapa penyebab yang berkaitan dengan hal tersebut, sehingga menyebabkan payudara yang semula indah berubah kurang menarik. Hal itu bisa disebabkan karena menyusui bayi yang terlalu lama, atau juga karena faktor usia, atau karena si wanita enggan untuk rajin merawat payudaranya.

Payudara semestinya dirawat sedini mungkin, karena perkembangan dimulai sejak masa pubertas atau masa remaja, dan mencapai bentuknya yang tetap setelah dewasa.

Bentuk payudara yang bagus adalah yang sesuai porsi badan atau tubuh pemiliknya. Bentuk yang besar atau kecil banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Untuk memiliki bentuk payudara yang bagus, kini telah banyak perusahaan kosmetika yang menciptakan produk perawatan, baik yang dipakai setiap hari atau digunakan secara berkala setiap minggu.

Produk tersebut banyak ditawarkan di departement store, toko-toko, ataupun melalui iklan-iklan di media massa, atau bahkan melalui salon-salon kecantikan.

Kalau Anda memang berminat dengan produk-produk perawatan tersebut, pilihlah yang sekiranya cocok dengan jenis kulit Anda. Cara yang mudah adalah dengan mengoleskannya sedikit pada punggung tangan. Atau, mintalah contoh dan kemudian pakailah selama beberapa kali. Apabila memang tidak ada efek samping, Anda bisa membeli dan menggunakan atau memakainya dengan aturan yang benar sebagaimana yang disarankan.

Prinsip kerja kosmetika untuk perawatan payudara biasanya harus mampu mengencangkan jaringan kulit, mulai bagian atas sampai bagian bawah, termasuk daerah sekitar rahang, bahu, dan jaringan penopang. Karena jaringan ini berfungsi dalam membentuk dan mempertahankan keindahan serta kekenyalan payudara.

Perlu diketahui bahwa isi payudara bukanlah otot-otot, tetapi kelenjar lemak dan kelenjar susu yang dibungkus kulit, dan bergantung pada dada, yang besar kecilnya tidak sama pada setiap wanita.

Produk perawatan payudara diciptakan untuk menguatkan jaringan penopang payudara, sehingga menjadikan bentuknya indah dan alamiah. Waktu yang diperlukan pada saat perawatan tidak terlalu lama, setiap kali hanya sekitar dua menit, dan jika dilakukan secara teratur atau terus-menerus dapat membantu mempertahankan kekencangan bentuk payudara.

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatannya:

Untuk langkah pertama, gunakanlah body scrub yang berfungsi mengangkat sel-sel mati dan merangsang atau menghidupkan kembali dan menambah kelenturan kulit. Sebaiknya digunakan pada kulit saat lembap, artinya setelah mandi pagi atau sore hari, dan badan langsung dikeringkan dengan handuk. Oleskan krim pada saat badan masih setengah kering.

Setelah krim dioleskan, pijatlah payudara dengan gerakan melingkar, kemudian teruskan sampai pada bahu dan dagu, lalu bilaslah dengan air. Perawatan ini diulangi dua kali dalam seminggu.

Apabila kulit mulai mengendur, raut wajah tidak berseri lagi, maka secara alamiah payudara juga akan berakibat sama, bahkan akan lebih cepat lagi jika bentuknya lebih besar. Untuk itu, setiap pagi gunakanlah tonic bust yang akan membuat kulit terasa kencang dan kenyal. Sore hari, pijatlah payudara dengan gerakan melingkar dan keluar ke arah leher, dengan krim yang berfungsi mengencangkan dan menguatkan.

Apabila payudara sudah kehilangan bentuk dan kurang kencang atau kurang kenyal, maka akan tampak tanda-tanda kekenduran. Untuk hal ini, gunakanlah gel khusus yang dipakai mulai dari dasar dada sampai dagu, dan pusatkan pada bagian atas payudara. Produk kecantikan ini akan lebih bekerja apabila Anda sedang pada masa subur.

Perawatan khusus juga dapat dilakukan setiap minggu dengan pemakaian masker. Pemakaian masker secara tradisional dengan susu, kuning telur, dan madu. Atau dengan masker yang sudah dikemas sebagai produk kecantikan, atau di salon kecantikan dengan menggunakan masker yang dipakai dalam bentuk lain.

Pada usia 18 tahun, 10 persen dari wanita muda memiliki payudara yang sempurna. Pada usia 35 tahun, persentase kecantikan menurun sampai 35 persen, dan kecantikan payudara menjadi rapuh. Karena itu, wanita perlu menjaga kecantikan payudaranya sebaik dan selama mungkin.

Beberapa saran lain yang perlu diperhatikan adalah; biasakanlah untuk berdiri tegak, hindari mandi dengan air yang terlalu panas atau mandi yang terlalu lama, hindari olahraga yang berlebihan, hindari pemakaian bra yang terlalu kencang, juga hindari diet yang ketat yang mengakibatkan tubuh kekurangan protein.