Panduan Menyesuaikan Bra dengan Payudara

Panduan Menyesuaikan Bra dengan Payudara

BIBLIOTIKA - Bisa dibilang setiap wanita, apalagi yang telah dewasa, sudah akrab dengan bra. Benda yang digunakan untuk menopang payudara itu bahkan dikenakan setiap hari, hingga wanita pun memiliki cukup banyak bra di rumah. Namun, benarkah bra yang Anda kenakan telah benar-benar tepat, sesuai bentuk payudara Anda? Apakah Anda sudah benar-benar merasa nyaman saat mengenakan bra setiap hari?

Ada cukup banyak orang yang merasa tidak nyaman saat mengenakan bra. Padahal ukuran yang dipilih sudah tepat, dan bra itu bahkan sudah dicoba sebelum membeli. Tapi masih tetap terasa tidak nyaman saat dikenakan. Apa yang salah?

Rasa tidak nyaman semacam itu bisa jadi merupakan salah satu hal yang menunjukkan kalau Anda keliru memilih bra, atau bra yang Anda kenakan tidak sesuai dengan payudara Anda. Karena itu, Anda perlu mengenali bentuk payudara Anda, agar model bra yang Anda pilih bisa menopang payudara dengan baik, dan Anda nyaman memakainya.

Secara garis besar, payudara terbagi menjadi bentuk ceper, bulat pir, setengah bulat, pepaya, dan panjang. Sementara model cup bra terdiri dari setengah cup, tiga perempat cup, dan full cup. Busa pada bra juga terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipis, sedang, dan tebal.

Pada waktu memilih bra, perhatikan hal-hal tersebut. Apabila payudara Anda berbentuk ceper atau berukuran kecil, dan Anda masih remaja, pilihlah miniset. Namun, jika Anda sudah dewasa, pilihlah bra dengan busa tebal. Jika cup pada bra tidak sesuai, bisa tambahkan busa. Busa juga dapat membantu menopang payudara.

Untuk payudara bulat pir, pilihlah bra tiga perempat cup, dengan busa bawah yang tebal. Sedangkan untuk payudara setengah bulat, pilihlah bra busa tipis dengan model cup tiga perempat atau full cup. Payudara bentuk pepaya sebaiknya ditopang dengan bra berbusa tipis dan full cup. Sementara payudara yang panjang sebaiknya ditopang bra berbusa tebal di bawah dengan model cup tiga perempat.

Jika hal-hal tersebut diabaikan, dampak yang paling terasa adalah ketidaknyamanan selama mengenakan bra, dan juga masalah pada payudara. Masalah pada payudara bisa terjadi karena pemakain cup yang terlalu kecil, tidak sesuai ukuran yang seharusnya, dan tidak menyesuaikan bentuk payudara. Masalah yang timbul kemudian, payudara jadi terjepit dan tidak tertopang dengan baik.

Masalah lain menyangkut payudara yang sering dialami adalah bentuknya yang menyamping, kulit mengendur, atau payudara turun. Mengenai kulit mengendur dan payudara turun memang dapat disebabkan oleh faktor usia. Namun, kebiasaan memakai bra yang tidak tepat, atau kebiasaan tidak memakai bra selama beraktivitas, juga ikut mempengaruhi masalah-masalah tersebut.

Kemudian, setelah Anda memilih bra dengan model dan ukuran yang tepat, sesuai bentuk payudara Anda, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah cara memakainya yang benar. Dalam hal memakai bra, berikut ini saran yang bisa Anda perhatikan:
  1. Bungkukkan badan ke arah depan 45 derajat.
  2. Pasanglah bra dari bawah ke atas.
  3. Gunakan kedua tangan untuk mengaitkan bra di belakang punggung.
  4. Tegakkan badan kembali.
  5. Masukkan sebelah tangan ke cup untuk membetulkan payudara bagian samping.
  6. Rapikan tali bra. Jarak tali bra tidak lebih 3 centimeter dari pundak.
  7. Rentangkan tangan ke atas untuk memastikan posisi payudara sudah tepat.