Panduan Menjaga Kesehatan Bayi dan Anak

  Panduan Menjaga Kesehatan Bayi dan Anak

BIBLIOTIKA - Merawat bayi harus penuh kesabaran dan ketelatenan karena seluruh tubuhnya masih begitu peka dan halus. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan seputar menjaga kesehatan bayi.
  1. Berikan ASI eksklusif hingga enam bulan.
  2. Bila harus memberikan susu formula, pilihlah yang cocok bagi anak tanpa memandang harganya.
  3. Perkenalkan makanan tradisional Indonesia sejak dini supaya anak mau makan. Sebab, sekarang banyak anak yang tidak mau makan sayur dan lauk tradisional. Mereka hanya mau makan fastfood.
  4. Bagi anak di atas 6 bulan, berikan konsumsi menu yang seimbang.
  5. Pemenuhan menu gizi seimbang tidak harus mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mahal. Misalnya, untuk kadar protein, kalaupun tidak bisa mengkonsumsi protein hewani, cukup dengan mengkonsumsi protein nabati.
  6. Pemberian vitamin kepada anak harus berdasarkan indikasi. Jangan diberikan secara membabi buta dan berlebihan.

Membentuk kaki bayi

Tahukah Anda, ternyata bayi yang kurang digendong dapat membuat kakinya berbentuk huruf ‘O’ dan bila berjalan menjadi kurang baik dipandang. Nah, untuk menghindari hal yang semacam itu, Anda bisa mempraktekkan tips berkut ini agar bentuk kaki bayi Anda menjadi lebih bagus setelah menjelang anak-anak.

Ketika bayi berumur satu hari sampai enam hari, sering-seringlah untuk menggendongnya, paling tidak tiga kali sehari di waktu bayi tidur. Maksud digendong di sini adalah mengangkat bayi dengan selendang khusus, mulai dari kaki sampai siku tangan.

Selain itu, sebelum bayi berusia 8 bulan, maka bayi belum boleh dipengkeh (digendong dengan kaki terjuntai atau mengangkang).

Bila saran-saran itu dilakukan dengan baik, maka kaki bayi Anda pun akan berkembang dengan baik pula.

Jika anak menderita sakit panas 

Jika anak Anda yang masih berusia antara 4 hingga 10 tahun terserang sakit panas, tak usah bingung dan cemas dulu. Cobalah membuat ramuan Jawa asli untuk mengatasinya.

Siapkan satu butir kelapa muda hijau, buang airnya, lalu keroklah buahnya dengan menggunakan sendok makan. Lalu siapkan satu sendok madu, satu butir telur ayam kampung (diambil kuningnya saja). Semua bahan itu dicampur menjadi satu, lalu diaduk dan suapkan pada anak Anda yang sakit panas. Mudah-mudahan dalam waktu dua jam si anak akan sembuh.

Bila anak Anda sakit kembung

Anak-anak seringkali mengalami perut kembung karena masuk angin. Bila anak Anda mengalaminya, jangan buru-buru bingung, karena ada tiga resep yang bisa dipakai untuk mengatasi perut kembung anak Anda.

Ambillah 3 lembar daun jambu biji (jambu klutuk) yang muda dan telah dikeringkan, 2 butir kapulaga, ¼ ibu jari kulit batang pulosari, dan 3 gram adas. Rebuslah semua bahan tersebut dengan air sebanyak 400 cc sampai mendidih, hingga tersisa setengahnya (200 cc). Saringlah, kemudian minumkan airnya. Cara penggunaannya; untuk anak usia 3 bulan: 5 – 7 x 1 sendok teh sehari. Untuk anak usia 6 bulan: 3 x 1 sendok makan sehari. Sedang untuk anak usia 3 tahun: 1 x 1 gelas sehari.

Selain resep tersebut, Anda juga bisa menggunakan resep kedua untuk penyakit yang sama. Bahan-bahan yang digunakan adalah; 25 gram ubi jalar merah, 1 butir kapulaga, 1 butir cengkeh, 1 butir merica, ¼ ibu jari kayu manis, ¼ butir biji pala, 5 gram jahe, dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tersebut (kecuali ubi jalar) dengan air secukupnya sampai mendidih, hingga tersisa sebanyak 200 cc. Minumlah airnya selagi hangat dan makanlah ubinya.

Resep yang ketiga yang juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung anak Anda adalah dengan menggunakan beberapa lembar daun mengkudu (pace) atau daun arak pagar. Cara membuatnya, layukan daun tersebut di atas api, beri minyak kelapa, kemudian remas-remas. Setelah itu, tempelkan ke perut anak Anda, lalu bungkus dengan sehelai kain.