Panduan Memilih Pakaian Dalam yang Tepat

 Panduan Memilih Pakaian Dalam yang Tepat

BIBLIOTIKA - Pakaian dalam wanita, khususnya bra dan celana dalam, merupakan jenis pakaian yang tersembunyi dan tidak dipertontonkan. Tetapi, meskipun begitu, wanita perlu menyadari bahwa pakaian dalam sama penting dengan pakaian atau busana luar, terutama dalam hal desain. Karena pakaian dalam yang tepat dengan bentuk tubuh dan enak dipakai akan menunjang secara keseluruhan kenyamanan pemakainya, selain akan membuat pemakainya merasa cantik luar-dalam.

Bra dan celana dalam, apa pun mereknya, diproduksi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen wanita yang memiliki berbagai macam bentuk tubuh. Namun, untuk mengetahui ukuran yang tepat, ada cara terbaik untuk hal itu.

Pertama, dari ujung puting payudara ke kanan melingkar tubuh (dinamakan top bust); dan kedua, dari bawah buah dada ke kanan melingkari tubuh (dinamakan under bust). Ukuran cup dihitung secara berbeda antara top bust dan under bust. Sedangkan ukuran bra dihitung dari under bust ditambah 10 centimeter. Kombinasi ukuran cup dan bra itulah yang akan memberikan ukuran sebenarnya.

Menentukan ukuran bra yang tepat

Apabila Anda membeli bra, jangan ragu untuk mencobanya terlebih dulu. Bra dengan ukuran yang tepat harus dapat menyangga payudara secara menyeluruh dan terasa nyaman. Tidak terlalu longgar, juga tidak terlalu ketat. Gesper atau kaitan di bagian punggung juga mudah dikaitkan, hingga tidak ada kulit di bawah bra yang menonjol keluar.

Model bra beraneka ragam. Ada yang cupnya separuh, ada pula yang memiliki cup penuh. Ada yang bagian samping dan punggungnya lebar, ada pula yang sempit. Apabila sudah memastikan nomor dan ukuran cup, perhatikan besar kecilnya payudara. Apabila payudara tergolong besar dan berat, pilihlah cup yang penuh dan ditopang oleh balen (kawat di lapisan jahitan cup).

Wanita yang payudaranya berukuran sedang bisa dibilang beruntung, karena model apa pun bisa dikenakan. Ada pula bra dengan atau tanpa busa. Untuk hal ini, tentunya tergantung selera masing-masing. Ingin tampak natural (seadanya) atau ingin payudaranya tampak penuh.

Memilih celana dalam yang tepat

Celana dalam pun demikian dalam hal pemilihannya. Produk merek terkenal biasanya mencantumkan ukuran nomor. Tapi ada pula yang mencantumkan size atau ukuran dari small hingga extra large (LL). Selain itu, perlu diperhatikan bahwa di pasaran terdapat tiga jenis celana dalam, yaitu mini, midi, dan maxi.

Jenis pertama lebih cocok untuk wanita yang benar-benar ramping. Karena pada bikini, lingkar pinggang akan berada tepat di bawah garis perut. Celana dalam midi juga dirancang untuk wanita yang memiliki perut rata, karena lingkar pinggang celana dalam berada pada posisi perut. Sedangkan yang berukuran maxi adalah bagi wanita yang perutnya agak besar, karena lingkar pinggang berada tepat di pinggang.

Biasanya, di pasaran banyak celana dalam yang terbuat dari bahan nylon atau polyster stretch-chyarn yang sebenarnya kurang memenuhi syarat kesehatan. Kalau pemakainya tidak banyak berkeringat atau alergi, tentu saja tidak masalah. Tetapi bagi yang memiliki problem keputihan atau jamur pada vagina, sebaiknya menghindari celana dalam dari bahan ini. Lebih baik memakai celana dalam yang terbuat dari bahan katun dan tidak terlalu ketat.

Pemilihan warna yang tepat dan serasi

Warna bra dan celana dalam sebaiknya memiliki tiga warna kulit, yaitu CB (cherry beige) dan putih. Hal itu agar bisa disesuaikan dengan segala warna gaun yang dikenakan. Sebab, jika mengenakan celana dalam dan bra yang berwarna hitam atau merah tua, sedangkan gaunnya berwarna putih dan tembus pandang, hasilnya tentu tidak serasi, serta sangat menarik perhatian.

Agar dapat menimbulkan kesan ramping saat mengenakan kain kebaya, sebaiknya kenakan long torso bra atau bra panjang, sehingga perut akan kelihatan ramping pula. Tetapi kalau sudah cukup ramping, cukup gunakan bra biasa.

Apabila busana yang dikenakan tembus pandang, sebaiknya kenakan pakaian dalam pelapis. Kalau hanya untuk menutupi bagian atas saja, bisa mengenakan top under wear atau camisole yang berfungsi seperti singlet (full slip). Tetapi untuk kesan lebih rapi, pilihlah model terusan seperti gaun.

Jika Anda aktif berolahraga, lebih tepat untuk mengenakan bra dengan desain khusus seperti sport bra yang terbuat dari bahan katun spandex yang lentur dan menyerap keringat. Biasanya tali bahunya lebih lebar, cupnya pun mencakup seluruh payudara. Karena payudara terdiri dari lemak dan otot halus, apabila wanita banyak bergerak tanpa penopang yang kokoh dapat menjadikan otot-otot tersebut terganggu (mengendur).