Panduan Memilih dan Memasak Daging Steak

 Panduan Memilih dan Memasak Daging Steak

BIBLIOTIKA - Ada beberapa ragam daging yang bisa diolah untuk steak. Di antaranya adalah ribeye atau iga, porterhouse yang merupakan jenis daging yang berada di antara rusuk dan pinggang, dan flank yang tidak lain adalah daging paha. Masing-masing daging ini memiliki ciri yang berbeda, sehingga pola memasaknya juga berbeda-beda. Berikut ini tip yang bisa Anda perhatikan:

Bagian iga, misalnya, terkenal sebagai daging yang berlemak dan rasanya empuk. Cara memasaknya, setiap sisi berbeda lamanya. Untuk sisi pertama, dipanggang 5 sampai 6 menit. Panggang dalam api yang panas. Bagian ini bisa disajikan secara menyeluruh, atau bila terlalu besar bisa dipotong menjadi dua bagian.

Daging antara rusuk dan pinggang biasanya terdiri dari sirloin dan tenderloin, yang dipisahkan oleh tulang. Daging bagian ini memiliki lemak yang lebih tinggi dibandingkan iga. Sebaiknya dipanggang dalam nyala api skala menengah. Lamanya antara 8 sampai 10 menit pada sisi pertama, sisi selanjutnya antara 6 sampai 8 menit. Khusus untuk tenderloin, jagalah api sehingga tetap panas. Cara memotongnya, kelilingi bagian tulangnya, sehingga daging menjadi terpisah.

Bagian paha tergolong daging yang tidak memiliki lemak, dan di bagian tengah ada tulang yang memanjang dari ujung ke ujung. Panggang dalam nyala api yang panas, dalam waktu 8 menit. Putar atau bolak balik daging dalam panggangan, sehingga cokelat secara merata. Bila diolah menjadi steak, lebih baik dipotong tipis.

Tips memanaskan steak setengah matang

Kadang-kadang kita perlu menyimpan steak atau daging panggang setengah matang untuk disantap keesokan harinya. Yang jadi masalah, kita sering jadi bingung saat akan memanaskannya. Jika dipanaskan dalam oven, steak itu akan matang, padahal kita menginginkan tetap setengah matang. Tetapi jika tidak dipanaskan, steak yang dingin tidak membuat kita berselera. Bagaimana mengatasi hal semacam ini?

Cara mengatasinya, bungkus saja steak setengah matang itu dalam kantung plastik, lalu ikat yang erat sampai tidak menyisakan rongga untuk udara. Setelah itu, rendamlah bungkusan tersebut di dalam mangkuk berisi air panas. Air panas tersebut akan cukup mampu menghangatkan daging steak Anda, tetapi tidak cukup panas untuk mematangkannya.

Nah, sekarang Anda tetap dapat menikmati steak setengah matang Anda dalam keadaan hangat.