Panduan Memilih Bra Sesuai Bentuk Payudara

Panduan Memilih Bra Sesuai Bentuk Payudara

BIBLIOTIKA - Mungkin terdengar mengejutkan bahwa studi menemukan kalau satu di antara tiga wanita mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Karenanya wajar kalau banyak pula wanita yang merasa tidak/kurang nyaman selama mengenakan bra. Selain ukuran yang salah, hal lain yang juga kadang dilakukan wanita adalah memilih jenis atau model bra yang tidak sesuai dengan bentuk payudaranya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan seputar memilih bra, agar terasa nyaman selama dikenakan, juga agar bra benar-benar dapat menopang payudara dengan baik:

Sebaiknya, hindari mengenakan sport bra, kecuali Anda memang sering berolahraga. Sport bra tidak baik untuk jaringan payudara. Sebagai gantinya, pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun dengan model yang nyaman dipakai, tanpa terasa sakit akibat kawat di bagian bawahnya.

Hindari mengenakan bra yang terlalu longgar atau terlalu banyak memanjangkan talinya, hingga membuat payudara menggantung (tidak terangkum secara baik dalam bra). Sebaiknya, pilihlah bra dengan tali yang cukup lebar dan elastis, sehingga menopang payudara dengan baik.

Hindari mengenakan bra yang memiliki cup terlalu sempit, hingga sebagian payudara menyembul di bagian bawah atau samping. Sebagai gantinya, pilihlah bra dengan ukuran cup yang dapat menampung seluruh payudara, sehingga Anda merasa lebih nyaman dan lebih mendukung penampilan.

Jika payudara Anda kebetulan tergolong rata, hindari mengenakan bra yang tipis tanpa busa. Tidak ada salahnya menyeimbangkan ukuran payudara dengan bentuk tubuh secara keseluruhan. Untuk hal itu, Anda bisa mengenakan push up bra yang memberikan tampilan lebih baik.

Hindari memakai demi bra (bra dengan cup yang terlalu mini), hingga hanya menutupi sebagian payudara. Sebaiknya, pilihlah bra model 3/4 atau dengan cup yang menutupi payudara secara sempurna.

Hindari mengenakan bra yang terlalu besar atau sudah kendur, hingga memperlihatkan celah di sela-sela payudara. Sebaiknya, kenakan bra yang dapat mengangkat payudara ke atas tanpa terasa mengikat atau terlalu menekan.

Hindari mengenakan strapless bra dengan cup yang terlalu sempit, hingga hanya menutupi bagian ujung payudara. Sebaiknya, kenakan cup dengan ukuran satu nomor lebih besar, sehingga payudara tertopang dan terangkum secara pas.

Jika bentuk payudara Anda penuh, pilihlah bra yang terbuat dari nylon-lycra karena lebih tahan lama.

Umumnya, ukuran payudara tidak sama antara yang kanan dan yang kiri. Untuk itu, pilihlah bra dengan menyesuaikan cup yang lebih besar, agar pas untuk bagian payudara yang lebih besar.