Panduan agar Bra Tetap Nyaman Dipakai

 Panduan agar Bra Tetap Nyaman Dipakai

BIBLIOTIKA - Payudara, sebagaimana bagian tubuh yang lain, memerlukan perhatian. Bahkan, dibanding bagian tubuh yang biasa tampak atau terbuka, payudara membutuhkan perhatian khusus. Pemakaian bra yang baik dan tepat adalah salah satu cara memberi perhatian pada payudara. Selain agar Anda lebih nyaman dalam beraktivitas, mengenakan bra juga membantu kesehatan payudara serta tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa panduan seputar bra, yang ditujukan agar Anda bisa senantiasa nyaman memakainya, dan agar bra yang Anda kenakan juga selalu terasa nyaman:

Jika tubuh mengalami perubahan, perbaruilah ukuran bra Anda. Tidak selamanya berat badan Anda stabil. Pada waktu-waktu tertentu, berat badan Anda bertambah atau berkurang. Misalnya, saat baru memiliki bayi, sedang mengonsumsi pil KB, menjelang menopause, biasanya akan ikut mempengaruhi berat tubuh hingga ukuran payudara. Karena ukuran payudara berubah, maka Anda pun perlu mengubah atau memperbarui bra Anda agar tetap sesuai dengan payudara Anda.

Bra yang tepat akan mengangkat payudara Anda, dan memberikan lebih banyak jarak dari torso di bawah tali bra, sehingga tubuh terlihat lebih tinggi dan ramping. Sebaliknya, bra yang tidak tepat dapat membuat payudara tampak turun.

Kenakan underwire bra, khususnya jika Anda mengenakan bra dengan cup D. Jangan mengenakan bra dengan minimizer hanya agar bisa menekan payudara yang besar dan menjadikannya lebih kecil. Yang terjadi nanti malah payudara Anda tumpah ke atas dan ke samping. Anda juga jadi sulit bernapas karena menggunakan bra yang terlalu sempit.

Sangat baik untuk menyiapkan berbagai jenis bra untuk beragam kesempatan. Pakaian atau busana tertentu membutuhkan paduan bra yang tepat untuk menunjang penampilan. Saat Anda ingin mengenakan gaun kemben, misalnya, tentu Anda membutuhkan strapless bra. Saat berolahraga, Anda memerlukan sports bra. Begitu pula saat Anda ingin memakai gaun berleher rendah, Anda pun bisa memilih cleavage bra.

Sebagian wanita memilih bra berwarna putih saat mengenakan pakaian tipis yang juga berwarna putih. Alasannya mungkin agar bra yang dikenakan tidak terlalu tampak dari luar. Padahal, ada cara lain yang lebih baik dan lebih sesuai, yaitu memilih bra dengan warna nude, karena tidak akan tampak dari balik pakaian atau blus yang tipis.

Banyak wanita yang melepas bra saat berada di rumah. Wanita yang bekerja di luar rumah, biasanya merasa gerah setelah seharian bekerja dan memakai bra. Saat sampai rumah, atau pas libur di akhir pekan, mereka pun enggan memakai bra. Padahal, payudara tetap membutuhkan penyangga, tak peduli Anda di luar rumah atau di dalam rumah, tak peduli Anda bekerja atau sedang libur.

Kalau memang ingin lebih merasa santai saat di rumah, khususnya di akhir pekan, Anda bisa memilih bra yang kasual, misalnya jenis racerback underwire yang memiliki spons tipis dan tali menyilang yang cukup lebar.

Sangat disarankan untuk membeli bra yang berkualitas baik, meski harganya sedikit mahal. Bra berkualitas baik benar-benar perlu diperhatikan, khususnya jika payudara Anda tergolong besar. Bra yang berkualitas baik akan mengangkat payudara Anda dengan baik pula. Bra jenis underwire adalah salah satu pilihan yang dianggap terbaik.

Biasakan untuk menyimpan bra di bagian atas almari, atau di dalam laci, dalam keadaan mendatar. Hindari menggulung atau melipat bra, karena itu dapat merusak bentuknya.

Usahakan untuk selalu mencuci bra dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Mencuci bra dengan tangan akan membuat proses pencucian lebih baik, karena Anda akan memperhatikan dan mengusahakan agar bagian-bagian bra tidak sampai rusak. Kemudian, jangan mengeringkan bra secara langsung di bawah panas matahati. Rata-rata, bra akan bertahan (tetap baik) setelah 100 kali pencucian sejak pertama kali dibeli. Sebaiknya, jangan mengenakan bra yang sama setiap hari. Bra juga memerlukan waktu istirahat, sehingga tidak kehilangan elastisitasnya.

Yang harus menyangga payudara sebenarnya bukan cup, melainkan tali bra. Karena itu, tali bra seharusnya berada di sedikit bagian bawah punggung, di bawah tulang belikat. Bra juga seharusnya tetap berada di tempatnya, meski tali bahunya melenceng atau melorot. Banyak wanita yang suka memendekkan tali bahu agar bra terangkat, namun hal itu hanya menyebabkan lemak di punggung tergencet ke atas.

Saat mencoba bra yang baru, kencangkan tali bahunya di bagian tengah, atau kaitan yang paling longgar. Saat bra semakin sering dipakai, tali punggung akan mengendur, sehingga tali bahu yang masih kencang akan membantu pemakaian yang lebih nyaman.