Pallonji Mistry, Penguasa Bisnis Konstruksi India-Irlandia

Pallonji Mistry, Penguasa Bisnis Kontruksi India-Irlandia

BIBLIOTIKA - Pallonji Shapoorji Mistry adalah taipan India-Irlandia di bidang konstruksi yang masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan mencapai 16,3 miliar dollar. Pria kelahiran 1929 itu memperoleh kekayaannya dari saham di perusahaan Tata Sons, dan dari perusahaan yang dipimpinnya, Shapoorji Pallonji Group. Dia berdarah Irlandia, namun berkewarganegaraan India.

Pallonji Mistry bersekolah di Cathedral & John Connon School, di Mumbai, India. Dia kemudian kuliah di Imperial College, London. Setelah lulus dari sana, dia mengambil gelar Master of Science di bidang manajemen dari London Business School. Latar belakang pendidikan itu tampaknya memiliki pengaruh besar saat Pallonji Mistry mulai terjun ke dunia bisnis, dan membangun perusahaan bernama Shapoorji Pallonji Group.

Asal usul kekayaan Pallonji Mistry bisa dibilang berasal dari ayahnya. Pada 1930, ayah Pallonji Mistry membeli saham di perusahaan Tata Sons, dalam jumlah besar. Tata Sons adalah perusahaan konstruksi yang berbasis di India. Ketika sang ayah meninggal dunia, kepemilikan saham itu pun diwariskan kepada Pallonji Mistry.

Dengan warisan saham tersebut, Pallonji Mistry menjadi pemegang saham perorangan terbesar di perusahaan Tata Sons, dan hal itu memungkinkannya mendapatkan penghasilan besar. Dari hasil yang diperoleh dari saham di Tata Sons itulah, Pallonji Mistry kemudian membangun perusahaan sendiri, bernama Shapoorji Pallonji Group.

Shapoorji Pallonji Group bergerak di bidang konstruksi, dan perlahan namun pasti mulai melahirkan anak-anak perusahaan yang merambah beberapa bidang lain meski masih tetap berhubungan dengan konstruksi. Salah satu anak perusahaan yang juga tumbuh besar adalah Shapoorji Pallonji & Company, yang bergerak di bidang logam.

Selain aktif mengurus perusahaan Shapoorji Pallonji Group, Pallonji Mistry juga bergabung dengan dewan direksi Tata Sons, karena kepemilikan saham di perusahaan tersebut. Pada 1 September 2006, Pallonji Mistry bergabung dengan dewan direksi Tata Sons, dan menjabat sebagai direktur Tata Elxsi Limited—salah satu anak perusahaan Tata Sons—dari 24 September 1990 hingga 26 Oktober 2009, selain juga menjadi direktur Tata Power Co. Ltd hingga 18 September 2006.

Pada 2012, Pallonji Mistry terpilih menjadi pemimpin Tata Sons, dan menjadi ketua untuk semua perusahaan di bawah Tata Sons, termasuk Tata Industries, Tata Steel, Tata Motors, Tata Consultancy Services, Tata Power, Tata Teleservices, Indian Hotels, Tata Global Beverages, dan Tata Chemicals. Karena itulah, Pallonji Mistry pun kemudian dikenal sebagai raksasa konstruksi di India.

Sebagai orang Irlandia yang menjadi warga negara India, Pallonji Mistry sering ditanya media mengenai kewarganegaraannya, dan dia menyatakan lebih suka menganggap dirinya sebagai anggota warga dunia, dan warna paspornya bukanlah hal penting.

Pallonji Mistry menikah dengan Rohiqa Chagla, putri seorang pengacara, dan anak-anak mereka kini mulai mengikuti jejak sang ayah menjadi pengusaha.