Mitos-mitos Seputar Bra dan Payudara

 Mitos-mitos Seputar Bra dan Payudara

BIBLIOTIKA - Ada beberapa mitos populer seputar bra, misalnya tidak memakai bra saat tidur akan membuat payudara cepat kendur, bra bisa mengakibatkan kanker payudara, dan lain-lain. Karena kurang informasi, banyak wanita yang mempercayai mitos-mitos tersebut, meski sebenarnya pengetahuan yang mereka peroleh tidak bisa dibilang benar. Berikut ini beberapa mitos yang populer terkait bra, dan penjelasannya.

Payudara cepat kendur jika tidur tanpa bra

Sebagian wanita meyakini bahwa tidur tanpa bra bisa menyebabkan payudara cepat kendur. Namun sebenarnya itu mitos. Pada saat tidur, memang sebaiknya tidak memakai bra, untuk memberi kesempatan payudara dapat bernapas lebih baik. Setelah seharian mengenakan bra, melepas bra saat tidur akan menjadian aliran darah dan oksigen di payudara lebih lancar. Namun tidak ada kaitan dengan kemungkinan cepat mengendurnya payudara.

Penyebab mengendurnya payudara bukan karena tidak memakai bra pada waktu tidur, melainkan karena dipengaruhi gravitasi, usia, pola diet, kehamilan, dan faktor-faktor lain.

Tidak memakai sport bra saat olahraga membuat payudara kendur

Sebagian wanita mempercayai bahwa olahraga tanpa mengenakan sport bra bisa menyebabkan payudara kendur. Karena itu, mereka pun selalu bersikeras untuk mengenakan sport bra saat berolahraga.

Padahal, mengenakan sport bra tidak ditujukan untuk mencegah payudara kendur, melainkan untuk menjaga payudara tidak terlalu terguncang saat melakukan banyak gerakan. Karenanya, memakai sport bra saat berolahraga memang dianjurkan, tetapi bukan berarti payudara akan kendur jika tidak menggunakannya.

Lebih dari itu, sport bra umumnya didesain khusus untuk berolahraga, sehingga dibuat dari bahan yang menyerap keringat. Karenanya, boleh saja wanita mengenakan jenis bra lain, kalau bahan yang digunakan juga dapat menyerap keringat dengan baik. Sebaliknya, sport bra yang bahannya tidak dapat menyerap keringat dengan baik juga sebaiknya tidak digunakan untuk olahraga.

Memakai bra bisa menyebabkan payudara cepat kendur

Namanya mitos, berbagai kepercayaan bisa muncul. Ada mitos yang mengatakan tidak memakai bra saat tidur dapat menyebabkan payudara kendur, ada pula mitos yang justru menyatakan sebaliknya, bahwa memakai bra justru akan membuat payudara cepat kendur. Mitos ini muncul gara-gara ada penelitian di Prancis yang menyatakan bahwa pemakaian bra bisa menyebabkan payudara kendur. Tetapi kemudian terungkap kalau penelitian itu tidak terbukti.

Bagaimana pun, pemakaian bra tidak menyebabkan payudara kendur. Meski begitu, jika bra yang digunakan tidak sesuai ukuran, misalnya kekecilan, bisa menimbulkan rasa nyeri di sekitar payudara. Seperti yang disebut di atas, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan payudara kendur, dan salah satunya adalah usia. Semakin tua, elastisitas otot wanita semakin berkurang. Setiap orang memiliki jaringan payudara yang berbeda-beda, namun biasanya mulai mengendur saat berusia 50-an.

Ada bra pencegah kanker payudara

Kadang ada iklan tak bertanggung jawab yang menyebutkan bahwa suatu produk bra bisa membantu mencegah kanker payudara. Tergiur oleh iklan semacam itu, para wanita pun buru-buru percaya, dan menganggapnya sebagai solusi mudah dan praktis untuk mencegah kanker payudara. Padahal, kanker payudara tidak bisa diatasi hanya dengan sebuah bra.

Pada saat ini, memang ada produk berupa lingerie yang bisa mendeteksi kanker payudara. Lingerie buatan Amerika itu dilengkapi teknologi bernama First Warning System, yang akan membantu mendeteksi massa tumor lebih awal. Hal itu akan membantu para wanita untuk mengetahui masalah pada payudaranya sejak awal, untuk kemudian mencari pengobatan sesegera mungkin. Namun, sekali lagi, produk tersebut hanya membantu mendeteksi, bukan mencegah atau menyembuhkan.

Bra kekecilan bisa memicu kanker payudara

Mengenakan bra yang tidak sesuai ukuran memang membuat payudara tidak nyaman. Namun yang jelas tidak menyebabkan kanker. Seperti memakai bra yang kekecilan, membuat payudara terasa tidak nyaman, karena seperti terjepit, dan hal itu bisa menimbulkan rasa nyeri atau sakit akibat kulit payudara tertekan oleh bra yang sempit. Namun, sekali lagi, kanker payudara tidak disebabkan oleh hal semacam itu.

Tidur memakai bra bisa berbahaya bagi kesehatan

Ada yang percaya bahwa tidur dengan memakai bra bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan kanker payudara. Itu mitos, karena faktanya tidak ada hubungan langsung antara tidur memakai bra dan kanker payudara. Bahkan, memakai bra saat tidur bisa membuat sebagian wanita—khususnya yang berpayudara besar—lebih nyaman.

Dr. Amber Guth, dari NYU Langone Medical Center, mengatakan, “Tidak ada bukti tidur memakai bra merugikan atau menguntungkan bagi kesehatan.”

Bra mampu menjaga payudara tetap kencang

Sekilas, pernyataan itu benar, tapi bisa jadi menyesatkan. Karena, bagaimana pun, payudara tetap akan mengendur karena berbagai faktor, termasuk usia. Dr. Dan Mills, wakil direktur American Society for Aesthetic Plastic Surgery, menyatakan, “Bra memang menyokong payudara sesuai yang Anda inginkan. Namun tidak bisa mencegah proses pengenduran yang terjadi seiring usia dan gravitasi.”

Karenanya, dalam hal ini, fungsi bra hanya sejauh mengaja payudara tetap dalam kondisi baik, dan mengupayakan agar payudara tidak lekas kendur.

Bra tidak perlu dicuci setiap hari

Ada sebagian orang yang percaya, bahwa bra tidak perlu dicuci setiap hari, dan baru perlu dicuci setelah beberapa kali pemakaian. Hal itu, sebenarnya, lebih tergantung pada aktivitas juga cuaca tempat Anda berada, serta tergantung pada gaya hidup dan kebersihan diri masing-masing.

Untuk daerah tropis seperti di Indonesia, orang cenderung lebih sering berkeringat. Karenanya, kebersihan harus lebih diperhatikan. Lexie Sachs, analis produk di Good Housekeeping, menyarankan, “Mencuci bra menghilangkan minyak dan kuman yang telah terakumulasi. Jadi, semakin tinggi produksi minyak dari tubuh Anda, semakin sering Anda harus mencuci bra.”