Michael Dell, Menjadi Miliarder dengan Jualan Komputer

 Michael Dell, Menjadi Miliarder dengan Jualan Komputer

BIBLIOTIKA - Mengubah kelemahan menjadi kekuatan, itulah yang dilakukan Michael Dell, dan dia meraih kesuksesan besar melalui formula tersebut. Dia lahir di Austin, Texas, pada 23 Februari 1965, dengan nama Michael Saul Dell. Orang tuanya bekerja sebagai orthodentist (ahli merapikan gigi), dan mereka berharap Michael Dell meneruskan profesi tersebut. Namun ternyata sang anak lebih memilih menjadi pengusaha komputer, dan dia berhasil sukses.

Pada masa remaja, seusai sekolah, Michael Dell bekerja paruh waktu di tempat penempaan logam. Dari situlah dia bisa mengumpulkan cukup uang, yang kemudian ia gunakan untuk membeli sebuah komputer. Dia telah lama tertarik pada komputer, dan penasaran ingin tahu cara kerjanya. Jadi, ketika berhasil memiliki sebuah komputer Apple II yang waktu itu terkenal, dia pun membongkar dan merakitnya kembali untuk mempelajari cara kerjanya. Peristiwa itu terjadi ketika usianya 15 tahun. Sejak itu, ia tekun mempelajari komputer.

Saat mulai kuliah di Universitas Texas di Austin pada 1984, Michael Dell memulai bisnis komputer, yang ia namai PC’s Limited. Ia memulai bisnisnya dengan modal 1.000 dollar, dan dijalankannya seusai kuliah. Pada masa itu, Michael Dell menghadapi masalah. Karena modalnya pas-pasan, dia tentu tidak bisa membuka toko dan menyiapkan stok barang, sehingga calon konsumen tidak bisa datang untuk melihat-lihat.

Menghadapi masalah itu, Michael Dell menemukan ide untuk menjual komputer melalui telepon, dan calon konsumen bebas menentukan spesifikasi komputer yang ingin dibeli. Dengan cara itu, Michael Dell tidak perlu menyiapkan stok komputer, dan calon pembeli tidak perlu datang untuk melihat-lihat. Mereka cukup menyebutkan spesifikasi seperti apa yang diinginkan, dan Michael Dell akan mengantarkan komputer yang dipesan ke rumah si pembeli secara langsung.

Bisnis itu berjalan dengan baik, bahkan cepat berkembang. Layanan yang ditawarkan Michael Dell rupanya disukai calon pembeli komputer. Selain tidak perlu repot-repot ke toko, mereka juga bisa menentukan komputer macam apa yang diinginkan, dan barang diantar langsung ke rumah mereka.

Selain itu, karena Michael Dell tidak menggunakan jasa distributor atau sewa toko, maka harga yang ditawarkannya pun jauh lebih murah dibandingkan umumnya toko komputer. Hanya dalam setengah tahun sejak didirikan, usaha itu telah mendatangkan angka penjualan sebesar 80.000 dollar.

Pada usia 19 tahun, karena melihat perkembangan usahanya yang menjanjikan, Michael Dell memutuskan drop out dari kampus, agar bisa full time mengurusi bisnisnya. Pada 1988, seiring usaha yang makin membesar, PC’s Limited akhirnya go public, dan berganti nama menjadi Dell Computer Corporation. Belakangan, nama itu diubah lagi menjadi lebih pendek, Dell, Inc.

Pada 1992, Dell Computer Corporation terdaftar di Fortune 500 sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, yang menjadikan Michael Dell sebagai CEO termuda sepanjang sejarah yang memiliki perusahaan sendiri. Ia masih berusia 27 tahun waktu itu. Memasuki tahun 1996, seiring internet yang makin banyak digunakan, Dell Inc. mulai membuka tawaran penjualan komputer melalui internet.

Kini, Dell Inc. tidak hanya memproduksi komputer pribadi (PC), tetapi juga komputer jinjing (laptop), media penyimpan (storage), printer, komputer genggam, pemutar musik MP3, televisi, dan berbagai jasa layanan komputer. Saat ini, Dell Inc. juga telah menjadi peritel komputer online terbesar di dunia. Penjualan online Dell melalui internet mencapai rata-rata 30 juta dollar per hari.

Atas kesuksesannya yang luar biasa, Michael Dell masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai 19,2 miliar dollar. Bersama istrinya, Susan, dia membentuk yayasan amal dengan nama Michael & Susan Dell Foundation pada 1999, yang digunakan untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan berfokus pada kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini. Hingga 2005, yayasan amal itu telah menyumbangkan dana lebih dari 1 miliar dollar.

Michael Dell tinggal di Austin, Texas, bersama istri dan empat anak mereka. Rumah yang mereka tinggali terkenal sebagai satu di antara 15 rumah terbesar di dunia.