Mewaspadai Tanda Peringatan Kanker Payudara

  Mewaspadai Tanda Peringatan Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kanker payudara adalah tumor ganas yang dimulai pada sel-sel payudara. Tumor ganas adalah sekelompok sel kanker yang dapat tumbuh berkembang, menyerang jaringan sekitarnya, atau menyebar (metastasis) ke daerah-daerah tubuh lainnya. Berikut ini adalah tanda dan peringatan yang dapat Anda waspadai, terkait kanker payudara.

Benjolan payudara

Benjolan pada payudara (lumpiness) bisa muncul pada waktu Anda sedang menstruasi, dan biasa terjadi sebagai salah satu gejala PMS (pre-menstrual syndrome). Pada masa menstruasi, payudara mengalami pembengkakan, akibat adanya perubahan hormon estrogen dalam tubuh. Namun, jika Anda mendapati perkembangan pada pembesaran benjolan payudara, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Tidak banyak wanita yang tahu mengenai perubahan yang terjadi pada tubuhnya, begitu pula dengan perubahan payudara yang bersifat abnormal yang memicu kanker. Secara alami, payudara memiliki tekstur bergelombang. Karenanya, bagi sebagian wanita, benjolan yang muncul bisa lebih parah atau lebih jelas terasa, dibandingkan wanita lainnya. Dalam kebanyakan kasus, munculnya benjolan yang tidak juga hilang merupakan tanda payudara bermasalah.

Benjolan yang muncul di payudara bisa terasa keras, atau berbeda dari sisi lainnya, dan itu bisa menjadi tanda payudara mengalami masalah. Saat diraba, benjolan yang keras kadang terasa seperti kerikil, anggur, atau kacang polong.

Memang tidak setiap benjolan berarti kanker, karena bisa jadi benjolan itu merupakan kista atau fibroadenoma. Namun, untuk mendapatkan kepastian, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Khususnya jika Anda wanita yang memasuki masa pre-menopause (usia 35 tahun), Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Selain benjolan, pembengkakan payudara yang tidak normal, serta munculnya sesuatu seperti jerawat di sekitar areola (lingkaran gelap di sekitar puting) juga kemungkinan merupakan sesuatu yang abnormal. Anda bisa berkonsultasi ke dokter, jika Anda menemukan keluhan seperti berikut:
  1. Anda menemukan benjolan baru atau perubahan yang terasa berbeda dari payudara Anda.
  2. Anda mengalami penyusutan payudara, atau mendapati bagian puting tenggelam.
  3. Anda merasakan pembengkakan dan nyeri di luar gejala PMS, yang berlangsung  dalam jangka panjang.
  4. Anda mendapati perubahan ukuran pada payudara Anda. Secara umum, setiap wanita memang memiliki sepasang payudara yang ukurannya tidak simetris (besar dan kecil). Namun, jika Anda mendapati perubahan ukuran itu tidak seperti biasa, atau tidak seperti sebelumnya, Anda juga perlu mewaspadai dengan cara memeriksakannya.

Perubahan pada puting

Perubahan pada puting memang tidak bisa serta merta dikatakan sebagai tanda kanker payudara. Perubahan yang normal bisa terjadi, misalnya karena menyusui, atau karena kondisi medis tertentu. Lebih dari itu, bentuk puting dan areola setiap wanita bisa dibilang berbeda dengan wanita lainnya.

Namun, jika Anda mendapati perubahan pada puting dan areola yang tidak biasa, atau puting tenggelam (tertarik ke dalam) dan tidak kembali normal, itu bisa menjadi tanda masalah. Kulit payudara, areola, atau puting, yang tampak bersisik, merah, atau bengkak, juga merupakan tanda masalah, dan Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Begitu pula kalau Anda mendapati payudara Anda mengeluarkan cairan, padahal Anda tidak sedang menyusui, atau mendapati keluar darah pada puting Anda, itu juga tanda yang perlu diwaspadai.