Mengenali Bra yang Sudah Tidak Layak Pakai

  Mengenali Bra yang Sudah Tidak Layak Pakai

BIBLIOTIKA - Bra tidak dirancang untuk digunakan sampai bertahun-tahun. Selain bahannya bisa rusak, dan bentuknya bisa berubah, ada beberapa hal lain yang dapat menjadikan bra sudah tidak layak pakai, sehingga perlu diganti yang baru. Lisa Chiara Zaccario, manajer butik bra di AS, menyatakan bahwa bra yang tidak layak pakai bisa memberi masalah, alih-alih menjaga payudara sebagaimana mestinya.

Hal itu terjadi, karena bra yang sudah tidak layak pakai akan kehilangan kemampuan dalam menyangga payudara. Padahal, fungsi penting bra adalah untuk menopang dan menyangga payudara. Lalu bagaimana mengenali bra yang sudah tidak layak pakai? Lisa Chiara Zaccario memberikan panduan berikut ini:

Sudah dibeli sejak tiga tahun yang lalu 

Bra memiliki masa kedalauwarsa. Setelah tiga tahun, bra sudah tidak lagi layak pakai, meski mungkin tampilannya masih terlihat layak.

Tali bra yang terlalu longgar 

Tali bra biasanya cepat melar, dan hal itu menjadikan bra tidak lagi mampu mengangkat payudara secara sempurna. Anda bisa mengganti tali bra, dua atau tiga bulan sekali. Tetapi, setelah tiga tahun, sudah saatnya Anda membeli bra yang baru.

Bra yang makin terasa ketat 

Bisa jadi, payudara Anda tumbuh membesar, entah karena pengaruh hormon atau usia. Anda membeli bra saat payudara belum sebesar sekarang, dan kini bra Anda mulai terasa ketat. Sudah saatnya Anda menggantikannya dengan bra yang baru, yang lebih tepat untuk kondisi payudara Anda sekarang.

Ada jarak antara payudara dan cup bra 

Kondisi semacam itu biasanya dialami ketika Anda mengalami penurunan berat badan, apalagi dalam jumlah besar. Ukuran cup dan tali bra tidak lagi sesuai dengan payudara. Jika kondisi itu terjadi, sebaiknya ganti bra Anda.

Pengait bra rusak 

Bagaimana pun, bra membutuhkan pengait agar bisa terpasang sempurna. Jika pengait bra rusak, maka Anda harus membeli bra yang baru.