Mengenal Implan untuk Memperindah Payudara

 Mengenal Implan untuk Memperindah Payudara

BIBLIOTIKA - Breast augmentation atau prosedur pembesaran payudara adalah salah satu upaya membesarkan ukuran payudara menggunakan implan payudara. Prosedur ini bisa ditujukan untuk wanita berpayudara kecil yang ingin membesarkan payudaranya, atau untuk memperbaiki bentuk payudara setelah masa kehamilan, atau untuk wanita yang mengalami banyak penurunan berat badan sehingga berdampak pada payudaranya.

Umumnya, implan yang digunakan oleh dokter dalam prosedur breast augmentation adalah silikon dalam bentuk gel. Silikon jenis ini dipilih karena memiliki banyak keunggulan, seperti bentuknya yang padat namun lunak, sehingga terasa seperti payudara asli. Selain itu, daya tahan silikon ini juga terhitung lama.

Setidaknya ada tiga prosedur pemasangan implan pada payudara. Pertama, dimasukkan melalui areola. Teknik ini hanya bisa dilakukan untuk pemasangan implan berukuran kecil, sekitar 150-200 cc. Implan digulung, lalu dikembangkan di dalam.

Kedua adalah melalui ketiak. Dalam prosedur ini, dokter akan membuat irisan kecil di sekitar ketiak, berukuran 4-5 centimeter. Cara ini tergolong sulit, karena di kelenjar ketiak biasanya lebih mudah terjadi infeksi.

Ketiga adalah memasukkan implan lewat bagian bawah payudara, melalui bagian bawah kelenjar. Dokter akan memasukkan implan menjauhi kelenjar, agar hasilnya lebih natural.

Prosedur pemasangan implan memerlukan bius total. Meski begitu, dalam waktu sehari, pasien sudah boleh pulang dan bisa langsung beraktivitas. Meski biasanya pasien disarankan untuk tidak mengangkat tangan terlalu tinggi selama beberapa hari sejak pemasangan implan.

Walaupun pemasangan implan payudara bisa dibilang operasi ringan, namun bukan berarti tanpa risiko. Karena itu, wanita yang akan melakukan prosedur ini diwajibkan melakukan pemeriksaan laboratorium dan skrining penyakit. Setiap tindakan pembesaran payudara yang dilakukan juga hendaknya atas kemauan sendiri, bukan paksaan siapa pun.

Selain itu, untuk memperoleh hasil terbaik, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih klinik atau dokter. Pilihlah dokter yang memang memiliki kompetensi dalam bidang bedah plastik, bukan sembarang dokter, apalagi di salon pinggir jalan.

Amankah implan payudara?

Operasi implan payudara tergolong aman, selama prosesnya betul-betul steril, dan implan yang digunakan harus terbuat dari gel silikon (bukan cair). Silikon cair adalah zat berbahaya, sehingga berbahaya pula jika masuk ke dalam jaringan tubuh.

Selain lebih aman, implan payudara yang menggunakan silikon gel akan terasa seperti payudara asli. Ada beberapa jenis implan silikon gel yang bisa dipilih, dengan kualitas yang bisa berbeda. Tentu yang baik adalah yang berkualitas baik. Implan payudara yang berkualitas baik bisa bertahan hingga lama.

Meski menggunakan implan, namun payudara tetap peka pada rangsangan, dan tidak mengganggu proses pemberian ASI. Pada saat awal pemasangan implan mungkin akan terasa sedikit berbeda, namun akhirnya akan kembali terbiasa. Yang mungkin masih perlu dipikirkan adalah biaya melakukan prosedur pemasangan implan, karena bisa dibilang cukup mahal.