Mengatasi Problem Ibu Menyusui

Mengatasi Problem Ibu Menyusui

BIBLIOTIKA - Hampir setiap ibu yang baru pertama kali menyusui dihadapkan pada problem berupa puting payudara yang menjadi lecet-lecet. Bila Anda juga kebetulan menghadapi problem yang sama, tak perlu khawatir atau bingung dulu, karena ada cara yang mudah untuk mengatasinya.

Ambillah sebutir bawang merah yang masih berdaun, lalu hangatkan bawang tersebut di atas perapian sampai hangat-hangat kuku. Kemudian, tempelkanlah atau usapkan bawang tadi pada bagian yang lecet.

Bila payudara Anda sudah terlanjur bengkak, maka urutlah dengan minyak kelapa berulangkali hingga sembuh.

Jika ASI terlalu banyak keluar

ASI atau air susu ibu yang banyak tentu sangat menyenangkan bagi si bayi maupun orangtuanya. Namun jika keluarnya terlalu banyak dan terus-menerus juga sangat mengganggu. Bayi juga tidak selamanya akan disusui karena pasti sewaktu-waktu akan disapih. Jika Anda kesulitan menghentikan ASI yang keluar terlalu banyak, cobalah memakai resep ini.

Ambillah bunga melati secukupnya, lalu tumbuk hingga halus, lalu balurkan pada payudara Anda sampai permukaannya tertutup semua. Biarkan beberapa saat, kemudian pergilah ke kamar mandi untuk membuang bunga melati itu dan membersihkan payudara Anda. Lebih baiknya, lakukan hal ini setiap 15 menit sebelum mandi.

ASI menghindarkan reumatik

ASI atau air susu ibu memang banyak manfaatnya bagi kesehatan bayi dan ibu yang menyusui itu sendiri. Salah satunya adalah bahwa ternyata ASI juga dapat mencegah seorang wanita dari penyakit reumatik. Jadi, selain bermanfaat untuk si bayi, pemberian ASI juga bermanfaat bagi si ibu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan, wanita yang menyusui bayinya selama dua tahun atau lebih bisa terhindar dari penyakit artritis rematoid atau reumatik ini, dibanding wanita yang hanya menyusui anaknya selama tiga bulan atau kurang.

Jadi, bagi ibu-ibu yang punya bayi, susuilah anak Anda dengan baik, karena itu juga akan ikut menjaga kesehatan Anda.