Memilih Bra untuk Payudara Masa Kehamilan

 Memilih Bra untuk Payudara Masa Kehamilan

BIBLIOTIKA - Ketika hamil, sebagian besar tubuh wanita berubah, termasuk payudara. Ukuran payudara membesar, dan merupakan hal yang alami, karena merupakan bagian dari persiapan seorang ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan ASI untuk si bayi kelak.

Karena ukuran parudara berubah, maka tentu ukuran bra pun harus mengikuti. Menghadapi perbedaan ukuran tubuh dan payudara saat hamil, Anda tidak bisa tetap menggunakan bra yang biasa Anda kenakan sebelum hamil. Karenanya, Anda harus membeli bra yang baru, yang lebih sesuai dengan payudara Anda sekarang. Dengan pilihan bra yang tepat, payudara Anda akan tetap tertopang dengan baik seperti biasa.

Berikut ini adalah panduan memilih bra untuk payudara selama masa kehamilan.

Pertama, Anda harus mengukur lingkar badan terlebih dulu. Caranya dengan menggunakan meteran, lalu lingkarkan pengukur di badan Anda, tepat di bawah payudara. Setelah mendapatkan hasil ukuran, tambahkan 3 inci, lalu bulatkan hasil tersebut ke bilangan genap terdekat.

Setelah itu, ukurlah ukuran cup payudara dengan cara meletakkan pita pengukur pada bagian depan payudara Anda, tepatnya di dekat puting. Disarankan untuk mengukur tidak terlalu ketat, tetapi ambil senyaman mungkin. Setelah mendapatkan hasil ukuran, hitunglah perbedaan ukuran cup dengan lingkar badan.

Temukan ukuran cup yang tepat, dengan melihat daftar berikut ini:
  1. Jika perbedaan yang didapat antara 0-1,5 inci, berarti cup A.
  2. Jika perbedaan yang didapat antara 1,5-2,5 inci, berarti cup B.
  3. Jika perbedaan yang didapat antara 2,5-3,5 inci, berarti cup C.
  4. Jika perbedaan yang didapat antara 3,5-4,5 inci, berarti cup D.
  5. Jika perbedaan yang didapat antara 5-6 inci, berarti cup E atau DD.

Pilihlah cup yang mampu menutupi seluruh payudara Anda dengan kaitan di belakang, agar bisa disesuaikan dengan kondisi ternyaman payudara Anda. Disarankan untuk tidak menggunakan bra berkawat selama menjalani masa kehamilan. Kemudian, saat membeli bra, ada baiknya mencoba dahulu untuk mendapatkan ukuran bra yang pas dan nyaman.