Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan

 Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan

BIBLIOTIKA - Selain memiliki keindahan yang sedap dipandang mata, bunga matahari ternyata juga bermanfaat untuk pengobatan. Bunga berwarna kuning ini bisa digunakan untuk mengobati reumatik, sakit kepala, radang payudara (masitis), dan disentri. Karenanya, jika Anda menderita penyakit yang tersebut di atas, gunakan saja bunga matahari ini. (Tapi ingat, wanita hamil dilarang meminum ramuan bunga!).

Bagaimana cara memanfaatkan bunga matahari untuk pengobatan itu?

Untuk reumatik: 

Ambil kepala bunga matahari, lalu direbus sampai menjadi kanji. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Untuk sakit kepala:

Siapkan 25 – 30 gram bunga matahari dan ditambah 1 butir telur ayam (jangan dipecahkan), ditambah 3 gelas air. Semua bahan itu direbus hingga airnya tinggal ½ gelas. Minumlah ramuan itu setelah makan, dua kali sehari.

Untuk radang payudara (masitis):

Kepala bunga matahari (tanpa biji) dipotong halus, kemudian dijemur. Setelah kering, disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai hangus, lalu digiling menjadi serbuk / tepung. Untuk meminumnya, ambillah 10 sampai 15 gram dari serbuk itu, dicampur arak putih, gula dan air hangat. Dosisnya adalah tiga kali sehari, dan pada saat minum pertama kali, tubuh Anda harus mengeluarkan keringat. (Untuk membantu mengeluarkan keringat dari tubuh, tidurlah dengan memakai selimut yang rapat).

Untuk penyakit disentri:

Ambillah 30 gram biji bunga matahari, diseduh, kemudian di-tim selama satu jam. Setelah itu diangkat, dan tambahkan gula batu secukupnya. Lalu minumlah.


Sayur untuk mengatasi kurang darah

Sering merasa pusing setelah bangun dari jongkok atau sehabis tiduran? Itu salah satu tanda kita mengalami kurang darah. Apabila volume darah dalam tubuh kita kurang dari normal, berarti kandungan eritrosit atau sel darah merah cenderung sedikit, yang itu berarti Haemoglobin (Hb) yang terdapat di dalamnya tidak mencukupi untuk mensuplai oksigen ke otak. Padahal kita tahu bahwa Hb bertugas mengikat oksigen dalam darah.

Kalau hal itu sampai berkelanjutan bisa membuat pandangan di sekeliling kita jadi gelap atau berputar-putar. Tetapi tak perlu khawatir dulu, karena kita bisa mengobatinya dengan cara mudah.

Caranya; sering-seringlah mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, terutama bayam dan kangkung, sebab kandungan zat besinya lumayan tinggi dan sangat baik untuk produksi sel darah merah kita. Buktikan saja.