Leonard Blavatnik, Lari dari Rusia dan Sukses di Amerika

Leonard Blavatnik, Lari dari Rusia dan Sukses di Amerika

BIBLIOTIKA - Leonard Blavatnik lahir pada 14 Juni 1957 di Odessa, Ukraina, dengan nama lengkap Leonid Valentinovich Blavatnik. Pada saat ini, ia lebih dikenal dengan nama Leonard Blavatnik, dan biasa pula disebut Led Blavatnik. Namanya dikenal dunia sebagai pemimpin Access Industries, perusahaan induk yang digunakannya untuk berinvestasi di berbagai perusahaan, dan yang menjadikannya salah satu orang paling kaya di dunia.

Pada 1978, keluarga Blavatnik memutuskan keluar dari Rusia dan berimigrasi ke Amerika. Waktu itu, pemerintahan Rusia dikendalikan komunis, dan keluarga Blavatnik menganggap kehidupan di Amerika lebih menjanjikan. Di Amerika, Leonard Blavatnik kuliah di Universitas Columbia. Setelah tinggal sekitar enam tahun di Amerika, Blavatnik memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dari Rusia menjadi Amerika Serikat. Meski begitu, dia masih terus menjalin hubungan dengan para teman dan koleganya yang berada di Rusia.

Tahun 1986 bisa dibilang sebagai awal Leonard Blavatnik terjun ke dunia bisnis. Ia mendirikan Access Industries, perusahaan yang menjadi sarananya untuk melakukan investasi di berbagai bidang. Sambil menjalankan bisnisnya di New York, Leonard Blavatnik masih menyempatkan diri kuliah di Harvard Business School untuk meraih gelar MBA. Ia lulus tahun 1989.

Perjalanan bisnis Leonard Blavatnik tak jauh beda dengan perjalanan bisnis orang lain umumnya—mula-mula kecil, kemudian terus berkembang, meski perlahan. Memasuki era 1990-an, komunis runtuh di Uni Soviet, dan runtuhnya komunisme di negeri asalnya menjadikan Leonard Blavatnik bisa memasuki Soviet untuk mulai menancapkan bisnisnya di sana. Di negara asalnya, bisnis Leonard Blavatnik berkembang, seiring dia terus membesarkan bisnis di Amerika.

Pada perkembangannya kemudian, Access Industries yang dikendalikan Leonard Blavatnik menjadi induk perusahaan yang bergerak di tiga sektor bisnis, yaitu sumber daya alam dan bahan kimia, media dan telekomunikasi, serta real estate.

Sektor pertama, sumber daya alam dan bahan kimia, ditangani LyondellBasell Industries NV, perusahaan plastik terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Rotterdam, Belanda, itu juga merupakan operator salah satu kilang minyak paling besar di Amerika Utara.

Sektor kedua, media dan telekomunikasi, ditangani Amedia, perusahaan pembuat program televisi terbesar di Rusia. Amedia adalah pemilik saham Media City, salah satu jaringan studio TV terbesar di Rusia. Selain Amedia, Leonard Blavatnik juga memiliki delapan perusahaan media dan telekomunikasi besar lain, yaitu Acision, Ice.net, Icon, O-Zone Networks, Perform, RGE Group, Top Up TV, dan Warner Music Group.

Sektor ketiga, real estate, dikendalikan oleh Faena Group yang berkantor pusat di Puerto Madero Este, Argentina. Faena Group juga menjadi pemegang saham mayoritas di Tory Burch LLC, perusahaan yang memproduksi sepatu, tas, dan perhiasan untuk kelas atas.

Secara total, Access Industries kini membawahi 15 perusahaan yang bermarkas di tiga benua; Amerika, Eropa, dan Asia. Sementara operasionalisasi perusahaan-perusahaan milik Blavatnik berada di hampir semua penjuru dunia, mencakup usaha logam, minyak, musik, penerbitan, media digital, dan lain-lain.

Atas semua kepemilikan perusahaannya, Leonard Blavatnik memiliki kekayaan senilai 20,3 miliar dollar, dan namanya masuk dalam jajaran 100 orang paling kaya di dunia. Seperti kebanyakan orang super kaya lain, Leonard Blavatnik juga membuat yayasan amal, bernama Blavatnik Family Foundation. Melalui yayasan amalnya, Leonard Blavatnik telah menyumbangkan banyak dana, terutama untuk kesenian dan budaya, termasuk kepada British Museum, Tate Modern, Royal Opera House, National Portrait Gallery, dan Museum of Modern Art.

Sejak tahun 2007, Blavatnik Family Foundation juga mengeluarkan Blavatnik Awards, yang ditujukan untuk para ilmuwan muda, yang penganugerahannya dilakukan setiap tahun dalam perayaan New York Academy of Sciences. Penghargaan berupa uang tunai cukup besar itu ditujukan untuk para ilmuwan yang telah berjasa dalam kehidupan masyarakat, dalam bidang ilmu fisika, atau dalam ilmu teknik.

Leonard Blavatnik menikah dengan Emily Appelson Blavatnik, dan mereka memiliki empat orang anak.