Laurene Powell Jobs dan Kisah Perjalanan Hidup Steve Jobs

 Laurene Powell Jobs dan Kisah Perjalanan Hidup Steve Jobs

BIBLIOTIKA - Laurene Powell Jobs adalah istri Steve Jobs, nama legendaris yang telah diidentikkan dengan perusahaan teknologi tinggi, Apple Inc. Ketika Steve Jobs meninggal dunia, kekayaannya pun diwarisi oleh istrinya. Karena warisan itulah, Laurene Powell Jobs memiliki kekayaan senilai 19,5 miliar dollar yang menjadikannya masuk dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia.

Laurene Powell Jobs lahir pada 6 November 1963 di West Milford, New Jersey, Amerika Serikat. Ia bertemu Steve Jobs pertama kali pada 1989 di Universitas Stanford, ketika Steve Jobs diundang berbicara di sana. Karena saling tertarik, mereka pun menjalin hubungan, dan menikah pada 18 Maret 1991. Pernikahan mereka diadakan di Ahwahnee Hotel di Taman Nasional Yosemite.

Nama asli Steve Jobs adalah Steven Paul Jobs. Ia lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada 24 Februari 1955. Di dunia, dia terkenal sebagai perintis di bidang komputer, juga tokoh bisnis yang mendirikan perusahaan Apple Inc. Dia juga pernah menjabat sebagai eksekutif Pixar Animation Studios, juga menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada 2006, setelah Pixar diambil alih oleh Disney.

Kisah Steven Jobs dengan Apple dimulai pada 1970-an, ketika dia bersama Steve Wozniak, Mike Markkula, dan beberapa teman yang lain, mulai merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Dari situlah kemudian Apple Inc. mulai diperhitungkan sebagai perusahaan komputer penting di dunia. Sepuluh tahun kemudian, pada 1980-an, Steven Jobs sekali lagi mengenalkan produk yang sama populer, yaitu Macintosh.

Meski Steven Jobs termasuk pendiri perusahaan Apple, tapi dia pernah keluar dari perusahaan tersebut, karena berbeda pikiran dengan dewan direktur Apple. Hal itu terjadi pada 1984. Hasilnya, Steve Jobs mengundurkan diri dari Apple, dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung di pasar pendidikan tinggi dan bisnis.

Dua tahun setelah mengembangkan NeXT, Steve Jobs mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd. yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut, sebanyak 50,1 persen, sampai kemudian diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena itu pula, Steve Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7 persen, dan menjadi anggota Dewan Direktur Disney.

Kemudian, pada 1996, perusahaan NeXT diakuisisi oleh Apple, dan akuisisi itu menjadikan Steve Jobs kembali ke perusahaannya semula. Sejak itu, dia menjabat sebagai CEO perusahaan Apple dari 1997 sampai 2011. Setelah mengundurkan diri dari CEO Apple, Steve Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.

Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia, setelah tujuh tahun didiagnosis menderita kanker pankreas. Ia meninggal di California pada usia 56 tahun. Pada waktu kematiannya, ia dikenal luas sebagai seorang visioner, perintis dan tokoh dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, sekaligus orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern. Kematiannya ditanggapi secara luas dan dianggap sebagai kehilangan besar bagi dunia oleh para pengagumnya di seluruh dunia.

Steve Jobs meninggalkan seorang istri, Laurene Powell Jobs, dan tiga anak dari perkawinan mereka; yaitu Eve, Erin dan Reed.