Kiat Agar Payudara Selalu Sehat dan Indah

Kiat Agar Payudara Selalu Sehat dan Indah

BIBLIOTIKA - Memiliki payudara yang indah adalah kebanggaan tersendiri bagi kaum wanita. Itu pula sebabnya mengapa payudara dianggap sebagai salah satu simbol pendukung seks. Untuk mendukung penampilan payudara, selain dengan cara menjaganya dengan bra, juga diperlukan kiat-kiat khusus untuk menjaga serta merawatnya.

Setiap wanita dewasa memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda. Namun, besar atau kecilnya payudara bukan merupakan patokan bagi keindahan dan kesehatan tubuh maupun daya tarik wanita. Yang terpenting adalah adanya keserasian antara bentuk tubuh dengan bentuk payudara.

Untuk itu, menjaga dan merawat keserasian ukuran payudara lebih penting dibanding sekadar merisaukan besar kecilnya semata. Ada saatnya orang ingin memperkecil atau membesarkan payudara, dan hal itu dapat dilakukan dengan menjalani perawatan tertentu.

Jika ditinjau dari segi anatomi, payudara merupakan bagian yang terdiri dari jaringan kelenjar, puting susu, areola, dan jaringan ikat. Ukuran payudara sebenarnya dipengaruhi oleh kekuatan jaringan ikat dan kandungan lemak yang ada di dalamnya. Namun, dari segi kesehatan, hal itu tidak terlalu penting, kecuali yang memang ukurannya sangat tipis atau puting yang terbalik.

Perkembangan payudara yang optimal pada wanita terjadi menjelang dan di masa puber serta seterusnya, sehingga kondisi payudara pada masa kanak-kanak atau menjelang pubertas masih belum dapat dijadikan sebagai patokan ukuran. Untuk mendukung agar payudara indah, kencang dan menawan, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini:

Apabila duduk, usahakan jangan terlalu mendekatkan dada dengan meja, karena hal semacam itu akan dapat membuat payudara Anda terhimpit, sehingga nantinya akan membuat payudara mengempis atau tertekan ke dalam.

Apabila melakukan olahraga semacam lari, usahakan untuk selalu menggunakan bra, karena itu akan mempengaruhi perkembangan payudara dan juga bentuknya.

Lakukanlah perawatan dengan pijatan pada bagian payudara, karena hal itu akan menambah keindahan bentuk payudara.

Konsumsilah makanan bergizi, mengingat perkembangan jaringan-jaringan kelenjar payudara juga membutuhkan gizi yang cukup, seperti bagian tubuh lainnya.

Biasakanlah untuk mengenakan bra yang sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara. Jangan menggunakan bra yang terlalu besar maupun yang terlalu sempit, karena akan mempengaruhi perkembangan payudara.

Jangan terlalu memaksakan perkembangan payudara. Ada kalanya wanita merasa tidak puas dengan bentuk dan ukuran payudara, yang menurutnya tidak sesuai dengan yang dikehendakinya. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu, agar payudara dapat tumbuh sesuai yang diharapkan.

Jangan sering menarik payudara ke arah bawah, karena dapat membuat bentuk payudara Anda turun dan tidak sedap dipandang. Bentuk payudara yang turun ke bawah biasanya dialami wanita yang telah berusia di atas 40 tahun.

Resep tradisional

Kemudian, apabila Anda memerlukan perawatan yang menggunakan baluran atau jamu, Anda dapat mengikuti resep berikut ini. Anda dapat memilih yang paling cocok untuk Anda:

Ambillah 10 lajur kacang panjang, dan tumbuk halus serta diberi air, kemudian diperas. Setelah itu, oleskan pada bagian payudara. Perawatan ini membutuhkan waktu selama tiga bulan, dan perlu dilakukan setiap tiga hari sekali atau dua kali dalam seminggu.

Air mawar yang digunakan untuk hidro therapy. Caranya adalah dengan menggunakan selang atau pancuran, dan disemprotkan ke seluruh bagian payudara setiap kali Anda mandi pagi.

Lakukanlah pijatan pada bagian payudara, menggunakan losion dan lulur selama tujuh sampai sepuluh menit. Setelah itu, biarkan hingga lima menit, lalu dicuci sampai bersih. Hal ini bisa Anda lakukan setiap sore.