Kesibukan Girls’ Generation (SNSD) di Luar Musik

Kesibukan Girls’ Generation (SNSD) di Luar Musik

BIBLIOTIKA - Selain menyanyi, SNSD juga aktif membintangi berbagai iklan untuk beragam produk. Mereka bahkan disebut sebagai selebritas yang paling dicari di dunia iklan, karena popularitas dan pengaruh yang mereka miliki.

Selama awal karier mereka, SNSD adalah bintang iklan untuk beberapa merek seperti Elite Uniform, Nexon Bubble Fighter, Samsung, dan LG. Dari tahun 2008, mereka menjadi model eksklusif untuk Goobne Chicken, dan sejak itu Goobne Chicken menjadi pesaing kuat di industri ayam Korea Selatan. Untuk keperluan iklan dengan Goobne Chicken, SNSD terlibat dalam film, pembatan jingle, hingga model kalender.

Seohyun, anggota SNSD, menjadi model iklan tunggal untuk Clean and Clear dan The Face Shop. Taeyeon menjadi model untuk A-Solution, sebuah merek kosmetik, Yuri menjadi model untuk Mamonde, Yoona menjadi model untuk S-Oil, EIDER, FreshLook Illuminate, Innisfree, dan Clean and Clear, sementara Jessica menjadi model iklan untuk Hyundai & Banila Co, dan Sooyoung menjadi model untuk Llang.

Bersama Super Junior, SNSD juga ditunjuk sebagai model eksklusif untuk merek ritel milik SPAO. Mereka mengiklankan merek pakaian, permainan online, industri makanan, acara, elektronik, kosmetik, hingga produk seperti minyak bumi dan kartu kredit. Karena kenyataan itu, SNSD dianggap sebagai selebritas yang paling dicari sebagai model iklan sepanjang 2009.

Kenyataannya, pada pertengahan 2009, para anggota SNSD menjadi model iklan untuk lebih dari 10 merek, dan terpilih sebagai selebritas Korea Selatan yang paling dicari pengiklan dalam survei yang dilakukan oleh Brand Consulting Research Institute. SNSD terus aktif dalam iklan pada 2010, dan mereka mendukung merek, di antaranya, Nintendo DSi dan Dominos Pizza.

Portal web Korea, Daum, juga menggunakan SNSD sebagai model renovasi layanan tertentu dan mesin pencari pada awal Oktober 2010. Mereka juga merilis wallpaper desktop dan screensaver SNSD untuk promosi. Sebuah survei yang dilakukan pada Desember 2010 menemukan bahwa 409 dari 741 karyawan pemasaran memilih SNSD sebagai model dengan pengaruh paling atas, terkait perhatian positif dari masyarakat untuk vokal mereka, penampilan, dan selera mode.

Pada 2011, Intel Asia mengumumkan bahwa SNSD akan menjadi model resmi untuk perusahaan mereka. Pada Maret 2011, SNSD mulai mengiklankan merek minuman berenergi Vita500 sebagai bagian perayaan ulang tahun Vita500 ke-10, dan poster Tiffany, Yuri, serta Yoona, dirilis secara eksklusif oleh Vita500.

Yuri, Sunny, Jessica, Tiffany, Sooyoung, dan Hyoyeon, juga menjadi model untuk merek Christian Dior. Sementara Yoona, Seohyun, dan Taeyeon, dikontrak merek kosmetik. Woongjin Coway, perusahaan pemurni air, juga memilih SNSD sebagai model eksklusif untuk produk mereka.

Di Jepang, SNSD mengiklankan merek permen tenggorokan, E-ma Nodoame. Mereka juga mengiklankan teh Lipton dengan lagu Let It Rain dan Mr. Taxi digunakan sebagai musik latar belakang. Pada Juli 2011, bersama dengan label-mate mereka, TVXQ, SNSD mengiklankan produk 7-Eleven di Jepang.

Di luar iklan, SNSD juga terlibat dengan aktivitas yang bersifat sosial. Seohyun diangkat sebagai utusan UNICEF pada Oktober 2011. Itu merupakan prestasi penting, karena hanya mereka yang memiliki reputasi terhormat untuk menempati posisi tersebut. Dua bulan kemudian, pada 15 Desember 2011, JCE memilih SNSD sebagai model untuk merek permainan “Freestyle Sports”.

SNSD juga terpilih sebagai duta kehormatan untuk kampanye “Visit Korea 2010-2012” di Korea, dipimpin oleh Ibu Negara Korea Selatan, Kim Yoon-ok. Kampanye tersebut merupakan upaya pemerintah Korea Selatan untuk menarik setidaknya 10 juta turis mancanegara ke Korea pada akhir 2012.

Pada 5 Maret 2010, perwakilan dari Gangnam-gu di Seoul menyatakan bahwa SNSD akan menjadi duta kehormatan untuk kota, mulai tanggal 7 Maret 2012. Pada bulan yang sama, Lotte mengumumkan bahwa SNSD dipilih menjadi model iklan untuk Lotte Department Store. Mereka juga dipilih untuk menjadi model BED ACE.

Pada 14 April, SNSD ditunjuk sebagai duta besar baru untuk Asosiasi Masyarakat Retinitis Pigmentosa Korea, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk membantu menemukan obat untuk kebutaan. Seiring dengan itu, mereka juga dipilih sebagai bintang iklan untuk Yakult.

Pada September 2012, Tiffany menjadi model iklan untuk merek busana Bean Pole, sementara SNSD menjadi bintang iklan parfum GiRL de Provence. Merek elektronik, Casio, menunjuk SNSD sebagai bintang iklan bagi merek jam tangan mereka, Baby-G. Kemudian, pada Januari 2013, Jessica, bersama saudara perempuannya, Krystal, menjadi model iklan merek perhiasan Stonehenge.

Sepanjang 2012, SNSD menjadi model iklan terbanyak, meliputi total 21 merek yang berbeda, termasuk produk ayam, parfum, perhiasan, tas, TV, tempat tidur, dan departement store, sementara masing-masing anggotanya juga menjadi model iklan untuk berbagai produk dan merek secara sendiri-sendiri.

Pada Februari 2010, SNSD menggelar kampanye donasi melalui situs musik Lunchbox untuk kampanye “Music Dream”. Tiga persen dari penghasilan acara itu disumbangkan kepada Make-A-Wish Foundation di Korea. Sementara sebagian pendapatan dari single Jepang mereka, Mr. Taxi/Run Devil Run, didonasikan kepada Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Mereka juga menyumbangkan tas yang sudah ditandatangani untuk kemudian dilelang.

Pada 9 Agustus 2011, SNSD beserta f(x) dan SHINee mengambil bagian dalam usaha membantu anak-anak Afrika. Bersama Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, mereka turut serta dalam proyek “Help African Children” yang diselenggarakan oleh Palang Merah Korea Selatan dan komite UNICEF di Korea.

Pada 17 September 2011, SNSD bersama Super Junior tampil dalam sebuah episode spesial program Love Request di KBS, yang mengundang seorang anak perempuan asal Kamboja berusia 11 tahun dengan penyakit jantung, dan seorang anak tunanetra, ke Korea untuk menerima perawatan. Kedua group tersebut juga berpartisipasi dalam acara donor darah di KBS Hall. Selama penayangan acara dalam waktu 85 menit itu, terkumpul donasi sebanyak lebih dari 32 juta won.

Pada 27 September 2011,Woongjin Coway menggelar acara bertajuk “Beautiful Auction” di Times Square bersama SNSD untuk membantu perempuan-perempuan korban kekerasan.

Pada April 2012, Asosiasi Anti Kebutaan Korea mengumumkan bahwa SNSD terpilih menjadi representasi gerakan tersebut. Pada 17 Agustus 2012, kostum-kostum SNSD dikirim ke sebuah organisasi amal untuk dilelang, yang pendapatannya kemudian disumbangkan untuk tujuan amal. Pada minggu yang sama, Pos Korea mengumumkan bahwa profit yang didapat dari penjualan perangko resmi SNSD akan didonasikan ke Merry Year, sebuah gerakan amal.

SNSD juga menyumbangkan beberapa barang milik kelompok dan beberapa barang pribadi untuk “Star Donation Event”, tempat barang-barang mereka yang dilelang untuk amal. Lebih dari tiga juta Won Korea Selatan (lebih dari $3.000 USD) disumbangkan ke Holt International Children’s Services.