Kesalahan-kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Pacaran (1)

Kesalahan-kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Pacaran

BIBLIOTIKA - Kisah tentang cewek yang meninggalkan cowok pasangannya tentu sudah biasa kita dengar, bahkan bisa dikatakan salah satu bagian hidup seorang cowok adalah diterima, ditolak ataupun ditinggalkan cewek. Karena itulah, walaupun berkali-kali ditolak cewek, seorang cowok biasanya ‘tahan bantingan’.

Tahan bantingan yang dimaksud di sini adalah cowok telah ‘terlatih’ untuk ditolak atau ditinggalkan cewek. Karena terlatih menghadapi situasi itu, maka cowok pun memiliki jiwa yang kuat untuk menyadari bahwa penolakan dari cewek bukanlah kiamatnya dunia, tetapi hanya sesuatu yang biasa, yang tak perlu sampai menghancurkan hati apalagi hidup.

Di dalam kehidupan nyata sehari-hari, bisa dikatakan cewek ditolak cowok lebih jarang terjadi. Ini tentu disebabkan karena pihak cowoklah yang lebih sering dan lebih banyak menyatakan cinta, sementara pihak cewek menjadi pihak yang menerima pernyataan cinta hingga memiliki ‘kekuasaan’ untuk menerima atau menolak.

Karena cewek jauh lebih jarang ditolak atau ditinggal oleh cowok dalam suatu hubungan, maka cewek pun biasanya kurang terlatih dalam menerima penolakan dari cowok, dan kurang bisa menghadapi situasi seperti itu. Dalam soal penolakan, unsur trauma cewek biasanya lebih besar daripada cowok. Misalnya, cewek yang nekat mengejar seorang cowok dan kemudian ditolak, biasanya tidak mau lagi untuk mencoba hal sama untuk kedua kalinya.

Di lain pihak, cowok tidak punya pilihan lain. Kalau cowok tidak mengejar cewek dan mengambil risiko ditolak, siapa lagi yang mau mengejar cowok?

Kembali pada permasalahan di atas. Karena cewek lebih jarang ditolak cowok, maka setiap kali ada cewek yang ditolak atau ditinggal cowoknya, orang biasanya jadi curiga. Mereka biasanya akan bilang, “Wah, pasti ada apa-apanya!”

Ulasan ini ditujukan untuk membahas pemikiran semacam itu untuk meninjau kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan oleh cewek, sehingga dia ditolak dan ditinggalkan oleh cowok. Ulasan ini didasarkan pada sudut pandang cowok dengan tujuan agar cewek memahami, sehingga kejadian pemutusan dari pihak cowok tidak sampai terjadi.

Nah, inilah kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan cewek, dilihat dari sudut pandang cowok pada umumnya, yang biasa terjadi dalam hubungan pacaran.

Ingin mengubah sifat dan kebiasaannya 

Ini aneh tapi nyata. Ketika menjalin suatu hubungan, pihak cowok biasanya berharap cewek pasangannya tidak akan berubah, tetapi akhirnya si cewek selalu berubah. Sebaliknya, cewek pada umumnya berharap cowok pasangannya akan berubah, tetapi kemungkinan besar dia tidak akan berubah.

Keinginan cewek untuk mengubah cowok yang menjadi pasangannya adalah salah satu hal yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan yang terjalin. Dan dari akar masalah inilah biasanya kemudian terjadi pemutusan hubungan dari pihak cowok, karena cewek semacam itu menjadikan daya tariknya hilang di mata cowok pasangannya.

Sebagai cewek, kamu tentu memiliki standar tertentu untuk cowok yang akan kamu jadikan pasangan. Namun, kalau cowok yang menjadi pasanganmu tidak memenuhi standar itu, mengapa kamu harus memaksanya untuk memenuhi standar tersebut? Lebih dari itu, mengapa kamu sampai memilih cowok itu untuk menjadi pasanganmu? Jauh lebih baik kamu mencari cowok yang benar-benar memenuhi standarmu, daripada kamu kemudian menuntut cowok pasanganmu untuk memenuhi standarmu ketika hubungan mulai terjalin.

Mungkin kamu bisa mengajukan dalih bahwa yang kamu inginkan dari cowok pasanganmu itu demi kebaikan si cowok sendiri, agar dia lebih enak dipandang. Namun, selalu ingatlah, tidak setiap cowok mau berubah atau mau mengubah kebiasaannya, khususnya hanya untuk cewek pasangannya.

Terlalu manja dan kekanak-kanakan

Ada cewek yang punya kebiasaan buruk berupa suka ngambek hingga lama. Dia sering sekali ngambek untuk hal-hal yang sebenarnya sepele, dan kemudian ngambeknya sampai berhari-hari. Ini sangat kekanak-kanakan dan membuat cowok jadi kesal.

Baca lanjutannya: Kesalahan-kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Pacaran (1)